MIA RAHMAWATI, LAWAN VIRUS C-19 DI LUBUK SELO

KKN Tematik Individu Universitas Muhammadiyah Bandung

Rabu, 31-Maret-2021, 16:41


Lahatonline.com, Lubuk Selo – Pandemi covid-19 yang menyerang masyarakat Indonesia selama kurang lebih satu tahun ini membuat semua aktivitas masyarakat terbatas salah satunya aktivitas KKN.

Salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung yang harus melakukan kegiatan KKN di daerah asal secara individu mengikuti protokol kesehatan covid-19.

Mia Rahmawati mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UM Bandung melaksanakan KKN di Desa Lubuk Selo Dusun II Lubuk Pakam Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat yang dimulai pada tanggal 18 Februari hingga 28 Maret 2021.

Yang mana selama KKN di Lubuk Selo, Mia Rahmawati dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ulfa Yuniati, S.I.Kom., M.Si. dalam melaksanakan program-program kerjanya.

“Kegiatan KKN di tengah pandemi saat ini difokuskan dan diarahkan dalam rangka mendampingi warga Lubuk Selo Kecamatan Gumay Ulu untuk mengcounter informasi hoaks yang tersebar di media maupun sosmed serta meluruskan informasi tersebut dan memberikan pemahaman warga terkait Covid-19, dari bahaya, cara pencegahan, cara penanganan, dan bagaimana masyarakat harus bersikap terhadap warga lain yang statusnya ODP, PDP, dan positif Covid” Terang Mia Rahmawati Kemedia ini, Rabu (31/03/21).

Lanjut Mia Rahmawarti, pandemi covid-19 ini sendiri memiliki dampak bagi setiap elemen kehidupan. Banyak dampak pandemi yang dirasakan masyarakat diantaranya meningkatnya angka pengangguran dan terhambatnya aktivitas di sektor pendidikan.

Untuk itu diperlukan kerjasama masyarakat untuk bersama-sama mengurangi rantai penyebaran virus dalam rangka memulihkan kegiatan di era normal. Sehingga edukasi masyarakat menjadi hal yang penting untuk dilakukan, Urainya.

Dalam teknis pelaksanaan KKN ini Mia sendiri terjun langsung ke lapangan dalam pembagian masker, dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan baik dari rumah ke rumah, ataupun mengedukasi anak-anak Desa.

Selama pandemi juga membuat sektor pendidikan terbatas, dimana banyak anak-anak yang masih terkendala dalam pembelajaran selama pandemi ini, oleh karena itu salah satu program pendidikan tidak hanya edukasi pemahaman covid-19 kepada anak-anak desa tetapi juga melakukan edukasi umum tentang bahasa indonesia, bahasa inggris dan materi lainnya untuk menunjang kreativitas anak-anak desa.

Tidak hanya itu, Mia Rahmawati sendiri mengajak anak-anak sejak dini untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan serta kesehatan dengan melakukan kegiatan rutin setiap hari minggu jogging sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh anak-anak.

Meski KKN yang dilakukan Mia secara individu, masyarakat dan anak-anak desa Lubuk Selo dusun II ini juga membantu dan menemani Mia selama KKN sehingga program yang dilakukan tidak terasa sepi.

Selama pandemi ini berlangsung Mia menyiasati edukasi yang dilakukan langsung ke rumah-rumah warga, menempelkan poster, memberikan alat pencegahan covid-19 seperti masker, cairan disinfektan dan alat pencuci tangan.

“Harapan Kami pandemi ini semoga cepat berakhir agar masyarakat Indonesia khususnya masyarakat desa Lubuk Selo dusun II dapat kembali beraktivitas dengan normal terutama di bidang pendidikan” Harap Mia.

Menurut Mia sendiri KKN yang dilakukan secara individu di kampung halaman masing-masing ini tidak menghalangi nya untuk tetap melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, dan ini juga dapat membentuk jiwa tegas, disiplin serta mandiri dalam melakukan kegiatan maupun penyelesaian masalahnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Minggu, 25-September-2022 - 21:33

Mekanic Subkon PT MAS Tewas Dilindas Dozer

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - Minggu, 25-September-2022 - 19:24

Herma Warga Tanjung Alam Bunuh Diri Minum Gromoxon

selengkapnya..

PAGAR GUNUNG - Minggu, 25-September-2022 - 18:00

MIN 4 LAHAT GO TO PENILAIAN ADIWIYATA

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 23-September-2022 - 16:27

SDN 6 Tasti Pumi, Laksanakan Program Jum’at Mengaji

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Jumat, 23-September-2022 - 14:44

SDN 18 KIKIM TIMUR SUKOHARJO BANGUN GEDUNG UKS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater