RUTIN LAKSANAKAN POSYANDU JAGABAYA UNTUK JAGA KESEHATAN BALITA

Selasa, 14-Mei-2019, 13:10


JAGA BAYA – Posyandu salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan , untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

Untuk itu Ketua Tim PKK Desa Jage baye diana mengatakan Kegiatan Posyandu diselanggarakan oleh masyarakat Desa jagabaya (Kader Posyandu) yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas pagarjati. Kegiatan Posyandu yang rutin dilaksanakan Tiap satu kali dalam Sebulan ini dimulai pada pukul 08.00 Pagi.
“Secara umum , Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam Posyandu ini dibagi menjadi dua kategori, untuk balita dan untuk ibu-ibu. Untuk balita, Bentuk pelayanan tersebut meliputi penimbangan balita untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Penimbangan secara rutin di Posyandu dilakukan untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari kegiatan penimbangan yang dicatat dalam KMS (Kartu Menuju Sehat) dapat diketahui status pertumbuhan balita, Selain itu juga dilakukan pemberian imunisasi pada balita untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang anak-anak.” Paparnya,Selasa(14/5)

Indah selaku bidan desa mengatakan melakukan kegiatan Posyandu ini sebulan sekali Tiap minggu ke tiga. Dalam Tiap Kegiatan ini mendapatkan Pendampingan dari UPT kesehatan masyarakat (Puskesmas) kecamatan Kikim Selatan. Untuk Balita yang datang ke posyandu berkisar lebih kurang 10 orang balita dan mungkin juga bisa lebih. Umur anak balita sekitar 1 bulan sampai 5 tahun.

“Untuk ipelayanan saya yakin kalau kita lakukan dengan baik dan obat yang diberikan sudah standar sesuai Kementrian Kesehatan. Gratis pula,” katanya(AP/LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater