Debu, Emak Emak Kecamatan Gumay Talang Blokade Jalan Utama PT BAS

Senin, 15-Mei-2023, 20:57


SUGIWARAS – Ratusan emak-emak yang rumahnya didepan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, melakukan Blokade jalan utama PT BAS.

Penutupan akses jalan utama milik Perusahaan yang bergerak dibidang Batubara tersebut, telah dilakukan oleh ratusan emak-emak sejak Minggu tanggal 14 Mei 2023, hingga, Senin tanggal 15 Mei 2023, sebagai bentuk protes kepada perusahaan karena rumah mereka telah diselimuti debu Batubara milik PT BAS.

Aksi Blokade yang dilakukan oleh para kaum hawa ini, mendapat pengawalan ketat dari jajaran Polres Lahat, agar tidak terjadi aksi yang tidak diinginkan. Hingga, malam ini pun jalan utama milik PT BAS masih ditutupi oleh puluhan motor milik warga kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat.

“Benar, aksi Blokade yang dilakukan oleh emak-emak kecamatan Gumay Talang ini sebagai bentuk protes Aspirasi mereka yang tak kunjung diberikan oleh PT BAS,” ungkap kepala desa (Kades) Indikat Ilir kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, Miko mewakili Kades di Kecamatan Gumay Talang, pada Senin (15/5/2023).

Dijelaskan Miko, terutama emak emak yang rumahnya didepan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di seluruh Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat.

“Selain masalah debu akibat mobil Tronton milik PT BAS yang melintas, serta mungkin ada juga masalah lain yang sampai saat ini belum dipenuhi oleh pihak Perusahaan tersebut,” tambah Miko.

Aksi Blokade yang dilakukan oleh emak emak tersebut, sejak hari Minggu tanggal 14 Mei sampai dengan Senin 15 Mei 2023. Dan, hingga detik ini, dari pihak PT BAS belum ada koordinasi dengan Pemerintahan Desa (Pemdes).

“Dari perusahaan belum ada koordinasi dengan kita Pemerintahan Desa (Pemdes) yang ada di Kecamatan Gumay Talang, sehingga, kami pun hanya tinggal diam saja.

“Siang tadi infonya mau koordinasi di kantor Kecamatan Gumay Talang, namun, pihak Perusahaan tak kunjung datang hingga saat ini,” pungkas Miko.

Terpisah, pihak PT BAS belum bisa dikonfirmasi terkait aksi Blokade yang dilakukan emak emak di Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, hingga, berita ini diturunkan. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

GUMAY TALANG - Kamis, 09-Mei-2024 - 09:50

PT BAS SITE GUMAY KEMBALI BEROPERASI

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater