Team Reaksi Cepat BPBD Gabungan Temukan Korban Hanyut Sungai Lengkupi

Kamis, 4-Januari-2024, 23:20


KERUNG – Perjuangan Team Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) TRC Gabungan dalam melakukan pencarian Yudi (44) warga Pasar Bawah RT 08 RW 03, korban dilaporkan hilang diareal perkebunan kelapa sawit PT Arta Prigel.

Pria yang memiliki dua orang anak ini, menjadi korban hanyut dialiran Sungai Lengkupi desa Kerung kecamatan Lahat Selatan, pada Rabu tanggal 04 Januari 2024 sekira pukul 09.30 WIB.

Awalnya korban berangkat dari rumah, guna upahan Jasa Nebas kebun bersama rekannya Wahyudi didesa wilayah perkebunan Lengkupi desa Kerung kecamatan Lahat Selatan. Ketika akan menyebrang sungai Lengkupi korban terpeleset dan terbawa arus sungai yang saat itu sedang pasang. Karena kebun yang akan mereka tebas berada diseberang sungai.

Melihat korban terbawa arus sungai yang sangat deras, membuat Wahyudi tidak bisa berbuat banyak. Sehingga, dirinya langsung menghubungi perangkat desa dan BPBD Lahat, setelah mendapatkan laporan dari warga setempat Team Reaksi Cepat BPBD (TRC) langsung menuju ke-TKP guna melakukan pencarian korban.

Namun, pencarian yang dilakukan Team Reaksi Cepat BPBD (TRC) bersama Team Gabungan pada hari pertama langsung melakukan pencarian terhadap korban, tapi, usaha Team TRC Gabungan tidak membuahkan hasil. Sekitar pukul 18.15 WIB pencarian dihentikan dan dilanjutkan keesok harinya.

Alhasil, pada Kamis (04/01/2024) sekira pukul 11.50 WIB, korban dapat ditemukan berkat Team Gabungan dan masyarakat yang ikut melakukan pencarian korban ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia di lokasi Liku 4 Simpang BI di Aliran Sungai Lengkupi.

Kepala pelaksana BPBD Lahat Drs. H. Ali Afandi M.Si memerintahkan Kabid Bidang II melalui Kasi Kedaruratan Ananta ST, MT menugaskan Satgas TRC BPBD Lahat melakukan kami cepat dan pendataan informasi untuk tindak lanjut didesa Kerung kecamatan Lahat Selatan, serta melakukan pencarian terhadap korban.

“Alhamdulillah, pencarian korban Yudi (44) yang dilaporkan hanyut di Sungai Lengkupi desa Kerung kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat pada Rabu tanggal 03 Januari 2024 sekira pukul 09.30 WIB tersebut, telah kita temukan sekira pukul 11.50 WIB dilokasi Liku 4 Simpang BI dialiran Sungai Lengkupi,” ujar Ananta, pada Kamis (04/01/2024).

Penemuan jasad korban warga Pasar Bawah RT 08 RW 03 ini, dijelaskannya, tidak lepas dari perjuangan Team Gabungan Satgas TRC BPBD Lahat, Basarnas, Babinsa, Polsek, Perangkat desa, dan masyarakat setempat, yang Bercibaku melakukan pencarian korban.

“Dalam pencarian korban hanyut ini, kita juga stanbaykan 1 unit mobil Rescue, 1 unit mobil Rescue Basarnas, 1 perahu LCR BPBD Lahat, dan 1 perahu LCR Basarnas. Kini, jenazah telah kita serahkan dengan keluarga korban untuk dikebumikan,” pungkas Ananta. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater