AJI : “SUSAHNYA CARI KERJA DI DAERAH SENDIRI”

Jumat, 11-Oktober-2019, 21:20


Lahat – Dunia Kerja tak dapat dipungkiri lagi hubungannya sangat erat dengan manusia era sekarang karena manusia tidak dapat terlepas dari suatu pekerjaan terutama bagi telah cukup umur. Ada yang memilih untuk membuka usaha sendiri dan ada juga yang memilih untuk menjadi pegawai atau karyawan sebuah perusahaan swasta maupun milik negara. Namun kali ini dibahas dari sudut pandang pekerjaan sebagai karyawan atau pegawai di suatu. (Jumat, 11/10/2019)

Tentunya untuk menjadi seorang pegawai atau karyawan harus melalui berbagai prosedur penerimaan atau rekrutmen dan bersaing dengan pelamar pekerjaan di posisi yang sama. Sebut saja Aji, salah seorang pemuda Lahat memiliki pandangan tersendiri tentang persaingan dunia kerja di daerahnya sendiri, Kabupaten Lahat berdasarkan pengalaman pribadi nya.

Pria bernama lengkap Aji Abdul Arip ini merupakan lulusan Sarjana Ekonomi di salah satu Perguruan Tinggi di Kabupaten Lahat, memiliki pengalaman dalam organisasi sebagai Ketua Osis SMA Negeri 1 Lahat Tahun 2012, Wakil Ketua KSR PMI STIE Serelo Lahat Tahun 2015 dan merupakan mantan Ketua Senat Mahasiswa STIE Serelo Lahat Tahun 2016. Saat ini pria yang akrab disapa Aji ini bekerja di salah satu Instansi Pemerintah Kabupaten Lahat sebagai Tenaga Lapangan dan juga merupakan jurnalis salah satu media online di Lahat.

Berdasarkan pengalamannya, Aji menjelaskan kepada media lahatonline.com bahwa dirinya telah mencoba mengajukan berkas surat lamaran yang ditujukan ke perusahaan-perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Lahat dan Kota tetangga (Pagaralam & Muara Enim) namun tidak ada satupun yang membuahkan hasil hingga ia bingung dan berusaha mencari alasan atau sebabnya.

“Yo bener kak. Dulu, sebelum begawe di sini, aku lah masukke lamaran kemano mano, Ke Perusahaan Jaringan / Operator, Bank, Perusahaan Finance, Perusahaan Tambang, dan Perusahaan Swasta lainnyo di Lahat ni hampir seluruh lah pernah kito coba tapi belum ado yg tembus” ungkap Aji kepada media lahatonline.com

Belakangan beredar isue tentang “Orang Dalam” yang dapat diartikan sebagai orang yang memiliki kuasa atau dekat dengan pimpinan perusahaan sehingga bisa membuka jalan untuk orang lain (keluarganya) masuk ke suatu perusahaaan tersebut. Namun menanggapi hal tersebut, Aji tak ambil pusing, karena baginya jika perusahaan ingin makin maju tentunya mereka akan mencari tenaga kerja sesuai skill bukan karena titipan seseorang.

“Nah kalo masalah itu aku no komen kak, mungkin ado yang sistemnyo cak itu, ado jg yang murni memang sesuai skill tapi aku yakin kalo perusahaan yang nak maju, pasti dio cari tenago kerjo yg punyo skill bukan karno kenal si A atau si B. Kalo pandangan aku pribadi sih sejauh ini memang susah nian cari kerjo di daerah kito tercinta, Lahat ini kak” tambah Aji saat ditanya perihal Orang Dalam Perusahaan.

Di sela sela wawancara, Aji bercanda gurau kepada media dengan mengeluarkan humor “Kalo memang nian sistemnyo lah pake wong dalem galo kak, aku cuma bedoa sikok kak, semoga bae dibentuk perguruan tinggi yang ado jurusan wong dalem, jadi gelarnyo SOD dio kak, Sarjana Orang Dalam” canda Aji kepada media.

(AJI)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater