Tanjung Sirih Manfaatkan Air Dari Perbukitan

Senin, 2-September-2019, 15:21


LAHAT ONLINE, Tanjung Sirih – Sebagian masyarakat yang ada di Desa Tanjung Sirih memanfaatkan air di perbukitan, karena letak Desa Tanjung Sirih yang berbidang miring.

Untuk masyrakat yang tinggal di bawah dapat mengambil air di sungai ayek liem untuk mandi dan mencuci sedangkan masyarakat yang tinggal di atas memanfaatkan air dari bukit.

Kepala Desa (Kades) Tanjung Sirih, Agus Yudi Utama mengatakan bak penampungan air di desanya terdapat beberapa titik dan itu dapat dimanfaatkan masyarakat, mengingat air dari bukit terus mengalir ke bak penampungan meski pun musim penghujan.

“Bak menampungan ada, jadi masyarakat tinggal memasang selang sehingga air sampai ke rumah rumah. Awalnya tidak boleh selang sampai ke rumah rumah, cukup masyarakat datang langsung ke bak penampungan dan ambil sendiri air yang mereka butuhkan,” ujarnya.

Karena itu, Agus Yudi Utama mengatakan masyarakat sangat terbantu dengan adanya suplay air dari perbukitan. “Jika tidak, tentu desa kami krisis air, meski pun ada ayek liem di bawah, namun hal tersebut tentu merepotkan masyarakat yang ada di atas,” tandasnya.

Sementara itu, masyarakat Desa Tanjung Sirih berharap agar beberapa bak penampungan yang tidak berfungsi lagi untuk diperbaiki, sehingga banyak tempat penampungan air yang dapat dimanfaatkan masyarakat. (Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater