Bukber XII TP I SMK Negeri 1 Lahat Penuh Keakraban, Hingga Blak-blakan Kenang 3 Tahun Bersama 

Kamis, 28-Maret-2024, 23:59


LAHAT – Suasana keakraban dan kehangatan menyelimuti agenda buka bersama (bukber) siswa XII Teknik Permesinan I (TPI) SMK Negeri 1 Lahat, di Hans Cafe Lahat. Bukber di bulan suci ramadhan tahun ini jadi sangat berkesan bagi wali kelas Paslinda Puteri Karyati SPd dan para peserta didik. Pasalnya, tradisi manis bertepatan dengan hari terakhir siswa menjalani Ujian Sekolah dan hanya tinggal menunggu waktu menjelang pengumuman kelulusan.

Paslinda Puteri Karyati SPd menceritakan, dari kelas X hingga XII, dirinya selalu menjadi wakil kelas siswa TPI tersebut. Sebagai wali kelas yang sudah bersama anak-anak yang sama selama tiga tahun, banyak kenangan manis maupun suka-duka. Terlebih dalam mendidik satu kelas yang berisi anak laki-laki semua, jadi keistimewaan dan sangat berkesan bagi Linda pribadi.

“Jadi wali kelas mereka itu dari zaman Covid-19, yang mana belajar dibagi 2 rombel dan ketemunya hanya setengah-setengah. Sampai waktunya baru ketemu secara keseluruhan. Selama tiga tahun tidak hanya membangun komunikasi dengan siswa saja tapi juga orang tua, agar cara mendidik saya juga bisa dipahami orang tua siswa,” katanya.

Linda mengatakan, banyak cerita seru dan asyik hampir tiga tahun berlalu ini. Mulai dari menemani mereka saat mengikuti class meeting, suasana belajar di kelas, menyambut mereka di gerbang sekolah, memastikan mereka tidak mengalami kendala saat ujian, membersamai mereka menimba ilmu dan mengukur prestasi hingga memberi efek jera saat mereka melakukan kesalahan serta masih banyak kenangan yang berkesan lainnya di setiap sudut sekolah, yang tidak terlepas dari peran guru.

“Sebagai guru sudah kewajiban kita mendidik anak sesuai karakternya masing-masing. Tidak bisa kita sama ratakan mereka, mereka semua unik dengan kepribadiannya. Ada yang kena peringatan dengan omongan sudah buat mereka jera, ada juga yang sampai pemanggilan orang tua baru mereka jera. Tapi selama ini, saya tidak pernah mendengar dari guru lainnya, kalau mereka melakukan kesalahan yang fatal. Bukber ini juga atas ide mereka, yang tinggal menunggu detik-detik kelulusan,” sampainya.

Setelah mereka lulus dan menjadi alumni, belum tentu mereka memiliki waktu untuk sekedar bertemu lagi karena kesibukan masing-masing. Linda berharap, kebersamaan hari ini menjadi awal yang baik untuk para siswa dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Disamping itu, ilmu yang mereka dapatkan selama mengenyam pendidikan di SMK Negeri 1 Lahat dapat bermanfaat, baik untuk dirinya sendiri, masyarakat, maupun nusa dan bangsa.

“Bagi guru, kebanggannya adalah ketika anak didiknya berhasil. Gapailah citamu setinggi langit di angkasa, jaga akhlakmu, jaga ibadahmu, dan jaga nama baik kedua ortu mu. Gerbang sekolah terbuka lebar untuk kalian, kami sebagai guru menunggu cerita kalian diluar pendidikan kejuruan ini” pesannya. (via)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater