HPSN, PJ Bupati Lahat : Pilah Sampah Selain Bersih dan Rapi Bernilai Ekonomi 

Jumat, 23-Februari-2024, 19:13


Lahat —- Pemerintah kabupaten Lahat melaksanakan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024 di Kabupaten Lahat, Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Pj.Bupati Lahat Muhammad Farid.S.STP.M.Si bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Lahat, Assisten, Staf Ahli, jajaran OPD, Kepala Dinas DLH Provinsi Sumsel, Pimpinan Bank Sumsel Babel dan seluruh Pasukan Biru. Jum’at ( 23/02/2024 ), bertempat di Jln.Serma James Depan Kantor Telkom.

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid.S.STP.M.Si dalam arahannya menyampaikan, hari ini kita bersama Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2024 yang pagi ini sama-sama kita laksanakan mulai dari gotong royong bersama dan membuang sampah pada tempatnya yang telah di sediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat. Sampah plastik tidak bisa diurai dalam waktu yang singkat itu makan waktu yang panjang, dan sampah ini bagaimana kita mengelolanya .

“Tadi kita telah melaksanakan gotong royong bersama dan Memilah sampah dan dengan sampah tersebut dapat kita kelola kembali . yang menjadi peluang untuk menambah nilai ekonomi. bagaimana kita mengelola sampah di kabupaten Lahat menjadi potensi ekonomi di masyarakat. Selain dapat nilai rapi dan bersih dan dapat menambah perekonomian di masyarakat. Sampah sampah plastik itu bisa di olah dan menjadi tambahan ekonomi masyarakat”, kata PJ Bupati Lahat.

“Peluang nilai ekonomi untuk memilah sampah tinggal bagaimana kita mengatur manajemen tingkat kelurahan ,desa sehingga nanti sampah-sampah itu bisa menjadi potensi ekonomi, Selain dapat nilai rapi dan bersih juga dapat menambah perekonomian di masyarakat. Sampah sampah itu bisa di olah dan menjadi tambahan ekonomi masyarakat
yang menambah penghasilan masyarakat dan mensejahterakan masyarakat”, ungkapnya .

“Melalui HPSN ini, pemerintah kabupaten Lahat mengajak kepada seluruh masyarakat dan juga perangkat OPD camat lurah kades di kabupaten Lahat untuk mengimbau jangan membuang sampah sembarangan mari pilah sampah rumah tangga jadikan sampah di rumah kita untuk menambah perekonomian,” ucapnya.

Di tempat yang sama kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Lahat Ir Agus Salman melalui Kabid Pengelolaan sampah, limbah B3 Indra Buana SH mengatakan kegiatan gotong royong bersama dan pengelolaan sampah dilaksanakan dalam rangkaian
Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024 di Kabupaten Lahat. HPSN jatuh di tanggal 21 februari yang mana sebelumnya kami juga telah sosialisasi kepada anak anak sekolah dan organisasi kepemudaan bagaimana berpola hidup sehat dan juga mengenai memilah sampah untuk potensi ekonomi,” katanya.

“Dalam pengelolaan sampah wajib dilakukan dipilah dengan 5 tempat meliputi sampah organik, plastik, kertas , B3 rumah tangga dan residu/ sisa . Sampah residu adalah sampah yang tidak bisa di kelola kembali atau harus di buang ,” ujarnya.

Dan dalam rangkaian HPSN ini PJ Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSI mengajak bersama untuk memilah dan mengelola sampah yang dari satu kecamatan 1 tempat TPS 3R (Reduce, Re Use, Recycle ) dengan harapan sampah di TPA tidak tercampur lagi jadi umur kita akan panjang “, ungkapnya.

Di HPSN ini kami menyasar generasi muda
dari SD, SMP, SMA/ sederajat dan organisasi kepemudaan dengan harapan mereka dapat melakukan yang lebih masif dalam pengelolaan sampah dan dari mereka dapat menjadi contoh yang berpola hidup sehat dan bersih serta menghasilkan ekonomi,” ucap Indra . (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater