GAWAT, HARGA BERAS TEMBUS 17.000, WARGA MULAK ULU TERANCAM KELAPARAN

Kamis, 22-Februari-2024, 06:19


MUARA TIGA – Tak kurang satu pekan harga beras di mulak ulu melejit hingga menembus di harga 17.000/kg. beras yang sebelumnya diharga normal 14.000/kg. tingginya harga beras di sebabkan beberapa faktor, mulai faktor cuaca, tak ada lahan yang sudah siap panen hingga tidak tersedianya stok di beberapa pengecer beras.

Seperti yang terlihat di toko sembako Muara Tiga, toko buyung yang biasanya menjual beras kemasan kini tidak ada stok beras untuk di jual. menurut pemilik tokoh tidak ada kiriman stok beras dari agen, Kamis (22/02/2024).

Kepada wartawan salah seorang pengecer beras, Ina mengatakan,”harga beras sekarang tembus 17.000/kg pak, dari sebelumnya diharga 14.000/kg. hal ini disebabkan tidak adanya suplay beras dari agen, tidak ada lahan yang sudah siap panen. rata-rata warga mulak ulu area baru memasuki masa cocok tanan,”ungkapnya.

Kita tinggal berharap kepada pemerintah khususnya pemerintah kabupaten Lahat agar diadakan operasi pasar hal ini penting untuk menekan kenaikan harga berasa. jika tidak maka harga beras tidak akan terkandali dan krisis pangan diambang pintu pak,”tutup Ima.

Jufiter Julius salah seorang warga kepada wartawan menyampaikan keluhannya,”kita sekarang kesulitan untuk mencari beras karena harga yang mahal dan stok yang terbatas. kini harga beras 17.000/kg. ini harga termahal sepanjang sejarah dan menyiksa,”keluhnya.

Bilah harga beras tidak terkendali maka krisis pangan diambang pintu, harga bisa jadi akan terus merangkak naik hingga 18.000/kg, kita rakyat kecil terancam kelaparan.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada keterangan resmi dari pemerintah kabupaten Lahat terkait langkah yang telah diambil seiring mahalnya harga beras dan krisis stok beras di Mulak Ulu. dari pantauan di lapangan masyarakat mayoritas kesulitan mendapatkan beras dengan harga normal. kalaupun ada beras dengan harga mahal dan stok terbatas. warga nampak khawatir akan terjadi krisis pangan hingga perut lapar.

Saplin Yuniko

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater