Diduga Satu ASN Tidak Jaga Netralitas 

Rabu, 14-Februari-2024, 15:40


LAHAT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lahat terima laporan dugaan pelanggaran pemilu. Satu ASN diduga tidak menjaga netralitas.

“Aduan itu ditindalanjut dengan kita panggil, tapi pengaduan itu masih kita kaji, namun apabila terbukti, maka pihaknya akan rekomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait dugaan pelanggaran,” ujar Ketua Bawaslu Lahat Nana Priana SHi MM. Seraya bila terbukti nntinya pihak KASN – lah yang memberikan sanksi, bisa penundaaan pangkat hingga penurunan pangkat serta sanksi tegas lainnya.

Nana menuturkan, hingga malam Selasa (13/1) melakukan patroli terhadap pelanggaran Pemilu, belum ditemukan kecurangan Money Politic. “Sampai jam 03.00 WIB malam, kami belum menemui pelanggaran peserta bagi-bagi amplop,” ujarnya.

Hingga hari H pelaksanaan Pemilu serentak 14 Februari 2024, Sekretariat Bawaslu Lahat masih dijaga ketat dari personel Polres Lahat. Bahkan Anggota Bawaslu dan semua satuan kerja (Satker) yakni Panwascam hingga Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pun turun langsung melakukan pengawasan dan pencegahan kecurangan pada tahapan-tahapan pemilu.

Bawaslu Lahat menempatkan petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) ke 1.357 TPS dengan strategi di antaranya patroli pengawasan di wilayah TPS dan koordinasi dan konsolidasi kepada pemangku kepentingan terkait.

Selain itu, Bawaslu juga mengawasi setiap tahapan lainnya mulai dari pendistribusian logistik, dan rekapitulasi hasil Si Rekap. Termasuk mengawasi terjadinya kecurangan Pemilu.

“Bawaslu pastikan pengawasan langsung untuk memastikan ketersediaan logistik Pemilu di TPS, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara sesuai ketentuan, akurasi data pemilih dan penggunaan hak pilih,” kata Nana. (via)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater