Hijaunya Tanaman Hidroponik Pemerintah Desa Lebak Budi Merapi Barat

Sabtu, 10-Februari-2024, 22:14


Lahatonline.com, Lebak Budi – Demi mewujudkan ketahanan pangan desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Lebak Budi, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat menyulap lahan Tanah disamping Kantor Desa menjadi setra budidaya tanaman Hidroponik.

Tak disangka, upaya tersebut berbuah hasil hingga mampu membangkitkan geliat ekonomi warga dan bernilai ekonomis.
Dirintis sejak beberapa bulan lalu, kini tanaman tersebut tumbuh subur serta menjadikan sekitar kantor desa tampak berwarna hijau serta cantik dipandang pamat.

Kepala Desa Lebak Budi Susi Mariani mengatakan, setra tanaman Hidroponik Pemdes Lebak Budi mulai dimanfaatkan dan di olah masing-masing kelompok tani untuk pengenalan dini dalam dunia pertanian dan pemahaman akan sayur sayuran segar tanpa bahan kimiawi yang dapat dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan asupan serat.

Dia menegaskan bahwa saat ini pihak Pemdes Lebak Budi terus melakukan berbagai trobosan, selain program ketahanan pangan, pihaknya juga membudidayakan Ikan Lele yang kolamnya tak jauh dari Kantor Desa.

“Tentunya hasil panen nanti akan kita bagikan kepada warga, sesuai misi yaitu untuk ketahanan pangan,” kata Kades kemedia ini, Sabtu, (10/02/24).

Dilanjutkan Susi, selain perangkat desa, juga ada ibu-ibu warga desa yang ikut membantu dalam kegiatan budidaya tanaman hidroponik.

kedepannya tidak hanya melakukan budidaya tanaman Hidroponik. Saat ini pemdes Lebak Budi juga telah memulai membudidayakan ikan lele dalam kolam yang letaknya disamping Kantor desa.

Sambil menunjukkan aneka sayur- sayuran Hidroponik segar pada awak media, sambil berfhoto mereka menunjukkan hasil tanaman tanpa menggunakan bahan tanah tersebut.

Sementara itu, Camat Merapi Barat, Erlambang menyambut baik trobosan ekonomi yang dilakukan Pemdes Lebak Budi. Menurutnya, semakin banyak desa berdaya yang mampu membangkitkan sektor ekonomi warganya, akan semakin mempercepat terwujudnya Indonesia menjadi negeri Baldatun Thayyibatun Wa Robbun Ghafur (Sebuah negeri yang mengumpulkan kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya).

“Kalau setiap Desa khususnya di wilayah Merapi Barat bersama- sama membangkitkan sektor ekonomi warganya, maka kesejahteraan segera terwujud, kemiskinan akan sirna dan Indonesia akan menjadi negara yang makmur yang disegani bangsa- bangsa lain di dunia,” pungkasnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater