PPK Mulak ULU GELAR SIMULASI TUNGSURA DAN SIREKAP PEMILU TAHUN 2024

Selasa, 6-Februari-2024, 23:29


MUARA TIGA – Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) Mulak Ulu Kabupaten Lahat menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta Sistem informasi rekapitulasi ( SIREKAP) Pemilu 2024, di Aula Kantor Camat Mulak Ulu , Desa Muara tiga kecamatan Mulak ulu,Kabupaten Lahat, Selasa 06/02/2024

Acara di hadiri camat mulak ulu Marles yuniardi, S. KOM.,MM Kapolsek Mulak ulu IPTU Ismail, MM, Danramil kota agung Kapt infanteri Heru wenardi, Ka KUA, Ka Puskesmas , Panwascam, PPS, KPPS sekecamatan mulak ulu .

Ketua KPUD Lahat Sarjani Melalui Ketua PPK Mulak Ulu ,Hernanto mengatakan, melalui simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini pihaknya telah siap melaksanakan tahapan proses Pemilu 2024.

“Kegiatan simulasi ini merupakan bagian dari kesiapan kami, serta upaya untuk memastikan kesiapan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) jelang Pemilu 2024,” katanya.

Ia mengungkapkan dalam simulasi kali ini, petugas PPK dan PPS se-Kecamatan Mulak Ulu dan KPPS langsung terlibat sebagai masyarakat yang mempunyai hak pilih dan petugas di TPS.

“Simulasi juga menjadi bagian dari persiapan yang matang untuk pemungutan suara Pemilu 2024 dalam memastikan kecakapan pemantapan para petugas dalam melaksanakan tugas dan perannya masing-masing,” lanjutnya.

Hernanto , berharap, para petugas yang terlibat nantinya dapat melaksanakan tugas mereka dengan maksimal saat hari pemungutan suara.

“Dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi, KPU berharap pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat dipercaya masyarakat,” sebutnya.

Lanjut Hernanto menjelaskan, pelaksanaan pemungutan pada 14 Februari 2024 akan dimulai pukul 07.00WIB. Kemudian dilanjutkan dengan penghitungan surat suara sampai pukul 13.00 waktu setempat

“Kita harapkan pada pelaksanaannya nanti semuanya bisa sesuai rencana dan berjalan aman, lancar dan kondusif,” harapnya.

Dalam kegiatan simulasi ini, PPK juga memberikan penjelasan, satu pemahaman kepada peserta simulasi, bagaimana tugas KPPS 1 sampai KPPS 7 cara memasukan surat suara ke dalam kotak suara sesuai dengan warna kertas suara, penjelasan surat suara Sah dan tidak sah dan penggunaan aplikasi SIREKAP dan lain-lain..

“Pemilihan Presiden warna abu-abu, DPR RI kuning, DPD RI merah, DPRD Provinsi biru dan DPRD Kota hijau,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Mulak Ulu, Marles Yuniardi menyampaikan apresiasi kepada jajaran PPK yang telah menggelar kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

“Mudah-mudahan simulasi ini bisa berjalan sesuai dengan harapan. Kegiatan ini merupakan representasi kejadian pemungutan suara sesungguhnya dan persiapan untuk menghadapi situasi riil dan kendala di lapangan pada pemilu nanti,” ucapnya.

Marles Yuniardi berharap simulasi ini dapat memberikan edukasi dan pemahaman terhadap bagaimana caranya nanti agar masyarakat dapat memberikan hal suara mereka pada pemilu serentak nanti.

“Mari sama-sama kita sukseskan Pesta Demokrasi 2024 dengan aman dan nyaman, lancar serta sukses. Semoga angka partisipasi masyarakat khususnya di Kecamatan Mulak Ulu pada pemilu kali ini dapat lebih meningkat daripada sebelumnya,” tutupnya.

Senada juga disampaikan Kapolsek Mulak ulu Iptu Ismail MM mengatakan, Apresiasi nya kepada PPK dan jajarnya atas terselenggaranya acara Simulasi Pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) dan sistem informasi rekapitulasi ( SIREKAP) untuk pemilu tahun 2024 karena simulasi ini adalah gambaran ril di lapangan saat Tungsura dan SIREKAP di saat hari pemungutan suara di TPS tanggal 14 Februari 2024 nanti

Sang kapolsek berharap agar penyelenggara bekerja dengan profesional sesuai aturan, jaga ketertiban di desa masing-masing dan pastikan semua tahapan pengiriman logistik dari KPUD Lahat sampai kecamatan terus pengiriman sampai ke desa TPS berjalan lancar sesuai SOP yang ada, lanjutnya

Dalam kesmpatan tersebut Danramil 04-05/09 Kecamatan Kota agung juga menyampaikan himbauannya agar seluruh penyelenggara pemilu dari tingkat PPK sampai ke tingkat kpps juga dari tingkat Panwascam sampai ketingkat PTPS di kecamatan mulak ulu bersinergi dengan pemerintah Kecamatan dan pemerintah Desa dan masyarakat demi suksesnya Pemilu di kecamatan Mulak ulu khusunya dan Kabupaten Lahat Umumnya paparnya singkat

Terpantau Usai acara pembukaan TUNGSURA dan SIREKAP acara dilanjutkan dengan acara inti Simulasi Pemungutan dan penghitungan suara dan SIREKAP untuk Pemilu tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Anggota PPK Divisi teknis Iman saupi arisandi dan Anggota PPK lainya

Penulis Yelli Nanda
Editor HERN4N/LO

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Jumat, 16-Februari-2024 - 21:44

Gardu Tower Muara Tiga Dilalap Sijago Merah

selengkapnya..

LAHAT - Rabu, 14-Februari-2024 - 15:40

Diduga Satu ASN Tidak Jaga Netralitas 

selengkapnya..

LAHAT - Selasa, 13-Februari-2024 - 19:49

SMP Negeri 1 Lahat, Siap PPDB Online 

selengkapnya..

LAHAT - Selasa, 13-Februari-2024 - 17:02

Lapas Lahat Terima Logistik Pemilu 2024 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater