Pemkab Lahat Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025 di Kecamatan Merapi Selatan 

Kamis, 1-Februari-2024, 16:48


Lahatonline.com, Suka Merindu – Kegiatan Muyawarah Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lahat tahun anggaran 2025 tingkat kecamatan wilayah Dapil II Merapi Barat, Merapi Selatan dan Merapi Timur pada hari ini, Kamis, (01/02/24) berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Merapi Selatan.

Dalam Musrenbang tersebut hadir langsung Penjabat (Pj) Bupati Lahat Muhammad Farid, S.STP.M.Si didampingi PLH Sekda Lahat, kepala Bappeda Kabupaten Lahat Feriyansyah Eka Putra, serta kepala OPD lainnya, Anggota DPRD Dapil II Andi Sucitera, ST., Camat Merapi Barat, Timur dan Selatan, Kepala Desa se- kecamatan Merapi Selatan, Merapi Timur dan Merapi Barat, BPD, Kapolsek Merapi AKP Husen, Danramil, serta seluruh elemen masyarakat.

Ketua Panitia yang merupakan Camat Merapi Selatan Sabarudin, SE., dalam laporannya mengatakan musrenbang tingkat kecamatan dilaksanakan untuk penajam, penyelarasan, klalirifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah diwilayah kecamatan.

Kegiatan ini juga untuk melakukan kesepakatan kerja kecamatan tahun anggaran yang direncanakan berdasarkan dokumen rentra kecamatan.

“Sesuai undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional serta peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara evakuasi rancangan, pengendalian dan evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD,” kata Camat.

Yang mana bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan.

Sementara itu, Andi Sucitera, ST., dalam sambutannya mengatakan, selaku mewakili anggota DPRD dapil II Lahat kami berharap kegiatan musrebang dapat berjalan lancar dan apa yang akan dianggarkan supaya diusulkan dan dapat direalisasikan oleh pemkab Lahat.

“Di merapi area ini mayoritas masyarakatnya adalah para patani, kami harapkan kedepan supaya ditingkatkan hasil pertanian, dan didaerah persawahan, agar dibangun irigasi karena masih banyak yang belum tersentuh oleh pembangunan. Dan ditahun 2025 nanti dapat direalisasikan,” pinta Andi.

Disamping itu, ia juga mengusulkan supaya disetiap area menuju keperkebunan warga suoaya dibangun jalan setapak.

“Mudah-mudahan dapat juga direlisasikan pembangunan jalan setapak atau jalan usaha tani ke area perkebunan warga, tujuannya supaya akses mengakut hasil pertanian menjadi lancar dan ada peningkatan,” katanya lagi.

Kemudian, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid menyampaikan terima kasih kepada pihak kecamatan yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut, dirinya berharap masyarakat yang hadir dapat memberikan aspirasi serta beberapa usulan sehingga dapat menjadi bahan acuan mana yang lebih diutamakan serta diprioritaskan untuk pembangunan diwilayah merapi area pada tahun 2025 mendatang.

“Suarakan aspirasi dan silahkan usulkan apa saja yang menjadi prioritas kedepan,” katanya singkat.

Pantauan media ini dilapangan, nampak pihak Bappeda Lahat memberikan pemaparan kepada para peserta musrenbang, selanjutnya dilakukan penandatanganan secara simbolis terhadap proposal usulan dari masyarakat.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

GUMAY TALANG - Kamis, 09-Mei-2024 - 09:50

PT BAS SITE GUMAY KEMBALI BEROPERASI

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater