Ini Manfaat Pohon Bungur, Tanaman Saifudin Aswari Rivai S.E Untuk Kesehatan

Minggu, 28-Januari-2024, 15:14


Lahat – Pohon bunga bungur yang ditanam dan disebar Bupati Lahat dua periode, H. Saifudin Aswari Riva’i S.E, diseputaran wilayah Kota Lahat, nampak sudah tumbuh kokoh dan besar, ditambah lagi bunganya yang selalu mekar indah berwarna Ungu terang sedap dipandang mata.

Bungur banyak dimanfaatkan sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan. Daun Bungur (Lagerstroemia speciosa) berdaun tungggal dan bertangkai pendek, helaian daun berbentuk oval atau memanjang dan tekstur daun seperti kertas, panjang daun berkisaran 9-28 cm dan lebar mencapai 4- 12 cm berwarna hijau tua.

Bunga bungur merupakan bunga majemuk berwarna ungu dan tersusun dalam malai yang panjangnya 10- 15 cm, bunga terletak dari ketiak daun atau ujung ranting.

Buah Bungur (Lagerstroemia speciosa) berbentuk bulat dengan panjang 1,8- 2,5 cm diameternya 1,5- 2 cm, ujung buah runcing seperti jarum dengan panjang 0,3 mm. buah saat muda berwarna hijau namun apabila sudah tua berwarna coklat.

Ternyata selain sebagai tumbuha yang berguna untuk merindangkan dan juga mampu menyerap racun (polutan) dan CO2 di udara serta menghasilkan oksigen sehingga udara menjadi lebih segar.

Ada manfaat lebih dari tumbuhan jenis Dikotil ini, pada daunnya mengandung saponin, flavonoid dan tanin, sedangkan pada kulit batang bungur mengandung flavonoid dan tanin. Biji bungur mengandung senyawa plantisul.

Ternyata dari daun bungur ini bisa dijadikan obat stroke, sementara untuk obat sakit gigi bahan obatnya dari akar muda, selain itu bisul yang mengganggu bisa diobati dari bahan buahnya, dan untuk batuk obatnya bisa dari bahan air yang mengalir pada batang.

Namun sayang, setelah lebih dari lima tahun pada tahun 2018 lalu, Kak Wari begitu Bupati Lahat dua periode dengan sapaan akrabnya, telah duduk pada kursi DPRD Provinsi Sumsel pohon bungur ini nampak tak terurus. Berbeda halnya, pada zaman Kak Wari menjabat salah satu pohon yang tertanam di Kota Lahat ini selalu mendapat perhatian.

Meski ada beberapa lokasi area yang ditanami Bungur, contohnya di sekeliling lapangan bola kaki RDPJKA Gunung Gajah yang notabenenya adalah tanah milik PT Kereta Api Indonesia (KAI), Kak Wari melalui dinas Pemkab Lahat kala itu selalu memangkas dan merapikan pohon bungur agar tetap elok dipandang mata.

Winarti (50) warga Kelurahan Gunung Gajah, Kecamatan Lahat, yang kesehariannya berjualan nasi uduk di pinggiran lapangan Bola Kaki RD PJKA Gunung Gajah ini, sangat menyayangkan pohon bungur ini sudah nampak tak terawat.

“Dulu pada saat di jaman Pak Wari menjabat sebagai Bupati Lahat pohon ini selalu dipangkas dan dirapikan, berbeda saat Pak Wari tak menjabat lagi. Pohon Bungur nampak tak terurus,”ujar perempuan paru baya yang akrab disapa Bu Win ini.

Lanjut Bude Win, dirinya berharap semoga dengan PJ Bupati Lahat yang sekarang sudah ditunjuk untuk sementara waktu, memimpin Kabupaten Lahat sebelum adanya Bupati Lahat yang bakal terpilih kembali, perempuan yang telah dua tahun meneruskan usaha dagangan orang tuanya ini, ada gerakan PJ Bupati untuk memperhatikan pohon Bungur ini.

“Kali saja pak Bupati PJ sekarang biso ngurusi pohon bungur disini, sayang kalau tak dipangkas. Kesan indahnya seperti hilang. Semogalah dapat perhatian Pak Parid,”pungkasnya.

(WAN)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater