Warga Di Bantaran Sungai Lematang Diminta Waspada, Kiriman Banjir Bandang Segera Sampai Ke Lahat

Dari Ulu Pagar Alam

Sabtu, 27-Januari-2024, 09:39


LAHAT – Intensitas curah hujan yang tinggi mengguyur Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat membuat debit air di Desa Gelung Sakti Kecamatan Jarai tepatnya berbatasan dengan Kota Pagaralam semakin tinggi.

Air banjir bandang yang dikabarkan melalui video berantai di group Whatsapps memperlihatkan bahwa air hujan nampak sudah menggenangi wilayah di seputaran Desa Gelung Sakti.

Dalam video juga dijelaskan bahwa air yang sudah membanjiri wilayah dimaksud, karena sudah semakin tinggi, air bercampur material tanah serta kayu dan pohon yang tumbang masuk ke jalur air Sungai Lematang dan terpantau cukup deras.

Dengan kata lain, kiriman air banjir bandang di Desa Gelung Sakti tentu bakal menambah tingginya debit air di Sungai Lematang, yang mana pada hari ini juga Kabupaten Lahat mulai dari Kecamatan Tanjung Tebat, Kecamatan Pagar Gunung sedang dilanda hujab deras juga.

Dalam pesan kalimat berantai warga Gelung Sakti meminta warga Kota Lahat yang rumahnya berdekatan dengan bantaran Sungai Lematang harus waspada. Kemunginan bakal kembali terjadi banjir bandang seperti waktu lalu.

“Gelung sakti perbatasan jarai area n pagar alam, ayike balik k lematang, 4 jam sampai lahat itu… ati² dik beradik ye be huma di bantaran sungai leamatang. Tulisnya.

Komandan Kodim 0405/Lahat Letkol INF. Asis Kamaruddin yang menerima pesan berantai perihal situasi dimaksud, langsung memberitahu personil yang berada di Koramil 405-08/Jarai dan memerintahkan agar segera mengecek dan memastikan keamanan setiap warga di wilayah hukumnya.

“Monitor, prajurit kita sudah ke tempat lainnya kasi bencana banjir tersebut. Sudah saya informasikan agar memantau setiap potensi dan memastikan keamanan warga,”ujar Asis Via WhatsApps yang sedang menerima Kunjungan Kerja Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil di Kota Pagaralam.

(WAN)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater