Polres Lahat, Polda Sumsel Himbauan Tentang Knalpot Brong

Kamis, 25-Januari-2024, 18:33


LAHAT SRIWIJAYA ONLINE—–Bertempat di Masjid Al-Kadar SMK Negeri 1 Lahat, Kasat Lantas Polres Lahat AKP Muryanto SH, MH yang diwakili KBO Lantas IPTU Darma Putra dan AIPDA Dadik Oktavia SH, melaksanakan giat himbauan kepada masyarakat, pelajar, dan penjual knalpot Brong.

Kegiatan tersebut, dalam rangka untuk mewujudkan situasi Kantibmas yang kondusif dalam rangka Pemilu Damai, pada Kamis tanggal 25 Januari 2024. Turut hadir dalam pelaksanaan giat ini, Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 1 Lahat, para Guru dan Siswa.

Dalam himbauannya, Kasat Lantas AKP Muryanto SH, MH, disampaikan AIPDA Dadik Oktavia SH menegaskan, bahwa Lalulintas dan Angkutan Jalan Raya adalah satu kesatuan sistem yang terdiri dari Lalulintas Angkutan Jalan, sedangkan keselamatan Lalulintas dan Jalan Raya adalah suatu keadaan yang tidak terhindar dari Resiko kecelakaan selama berlalulintas.

Diuraikan KBO Lantas IPTU Darma Putra, Knalpot Brong yang terjadi ditengah-tengah masyarakat yang dianggap mengganggu kenyamanan, karena, suara yang ditimbulkan sangat bising atau berisik.

“Mengapa demikian, karena knalpot Brong tersebut tidak menggunakan tabung atau partisi. Sehingga, tidak ada bagian yang berfungsi untuk memecah suara peredam,” terangnya.

Dadik menambahkan, ada 7 dampak Negatif yang ditimbulkan dengan adanya Knalpot Brong ini diantaranya:

  1. Merusak ketentraman dan ketenangan masyarakat.
  2. Mengurangi rasio bahan bakar dan udara pada kendaraan.
  3. Merusak indra pendengaran.
  4. Kendaraan menjadi lebih panas.
  5. Pembakaran mesin tidak oftimal.
  6. Kebutuhan pasokan bahan bakar lebih banyak.
  7. Tinggalkan polusi asap bagi pengguna jalan.

“Oleh karenanya, diharapkan dengan adanya himbauan terus menerus oleh Unit Kamsel Saat Lantas akan bisa mengurangi sekaligus menghilangkan kebiasaan memakai Knalpot Brong yang kebanyakan dilakukan oleh para Pelajar dan anak-anak muda,” pungkas Dadik. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater