Penghuni Lapas Klas II A Lahat Didominasi Kasus Narkoba 

Selasa, 23-Januari-2024, 18:08


LAHAT – Penghuni (narapidana/napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Lahat, saat ini masih didominasi para napi yang tersandung kasus narkoba. Bahkan, Lapas Klas II A Lahat mencatat, napi atas kasus obat terlarang tersebut mencapai 70 persen.

“Penyalahgunaan narkoba itu sampai dengan 70 persen, selebihnya terkait kasus pidana umum, penipuan dan pencurian,” ujar Kepala Lapas Klas II A Lahat, Imam Purwanto Bc IP SH MH, saat sambutan dalam kegiatan Kunjungan PJ Bupati Lahat dalam rangka meninjau ruangan khusus anak,” Selasa (23/1/2024).

Imam juga membeberkan, total ada 739 narapidana yang menghuni Lapas Klas IIA Lahat. Diantaranya 722 napi laki-laki dan 17 napi perempuan, serta tahanan anak berjumlah satu orang. “Angka kriminalitas di Sumatera Selatan memang masih tinggi,” katanya.

Imam juga menambahkan, bahwa Lapas Klas II A Lahat sudah sangat sempit. Dirinya berharap kepada Pemkab Lahat dapat memfasilitasi tempat yang lebih luas untuk narapidana. “Penghuninya semakin bertambah tentu semakin sesak,” sampainya.

Sementara Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi mengatakan, pembangunan Lapas Klas II A Lahat yang berada di Kecamatan Lahat Selatan yang berasal dari hibah tanah dari Pemerintah Kabupaten Lahat masih dalam persiapan.

“Pemkab Lahat siap bersinergi dengan Lapas Lahat, sebab disini para narapidana juga dilatih skillnya. Sehingga nantinya saat mereka keluar dari sini, mereka memiliki rasa percaya diri dan tidak minder berbaur dengan masyarakat kembali,” ucap Farid. (via)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater