Sepanjang 2023, Dinas Perkebunan Lahat Salurkan 680 Batang Kelapa Genjah Pandan Wangi Ke Petani 

Rabu, 6-Desember-2023, 14:51


Lahatonline.com, Lahat – Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat sejak awal Januari hingga Desember 2023 telah menyalurkan 680 Batang Kelapa Genjah Pandan Wangi kepala para kelompok Tani diwilayah kabupaten lahat. Dipilihnya bibit kelapa tersebut karena dianggap mampu untuk meningkatkan
Produktifitas Buah kelapa dikalangan petani.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Perkebunan Vivi Anggraini saat diwawancarai media ini disela rapat persiapan pelantikan Pj Bupati Lahat di ooprom sore hari ini, Rabu, (06/12/23). Dikatakan Vivi Anggraini, dipilihnya kelapa Genjah Pandan Wangi karena berbeda dengan tanaman tipe Genjah pada umumnya, Kelapa Genjah Pandan Wangi mulai berbuah lebih awal yaitu 3-5 tahun setelah tanam.

“Kelapa genjah Pandan Wangi adalah salah satu kelapa konsumsi dengan aroma air dan daging buah muda wangi pandan, rasa air dan daging buah bercitarasa pandan, sehingga kelapa ini sangat bagus jika dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan petani karena harga per butirnya yang lebih mahal dibandingkan dengan harga kelapa konsumsi biasa,” twrang Vivi Anggraini kemedia ini.

Dirinya berharap, diberikannya bibit kelapa Genjah Pandan Wangi kepada para petani diharapkan mampu meningkatkan produktifitas buha kelapa serta mensejahterahkan petani.

Varietas Kelapa Genjah Pandan Wangi mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Selain cita rasanya yang khas beraroma pandan, produksi buah per pohonnya bisa sampai 200 butir per pohon. Kelapa Pandan Wangi sangat menguntungkan petani, sambung Kadis Perkebunan.

Produksi kelapa Genjah Pandan Wangi ini untuk satu pohon bisa menghasilkan sampai 200 butir kelapa. Dari petani satu butir kelapa pandan wangi harganya Rp 25 ribu. Sedangkan di super market bisa sampai Rp 35 ribu/butir. Ini sangat luar biasa sekali, dan sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Lahat untuk meningkatkan kesejahteraan para petani kepala diwilayah Kabupaten Lahat.

“Jika petani digalakan dengan program pemerintah untuk menyediakan kelapa Genjah sudah bisa membantu petani terutama yang saat ini ada masalah dengan komoditas kelapa sawit yang rendah,” tandasnya singkat.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater