Legacy H. Cik Ujang : Membangun Kesejahteraan Melalui Kesehatan 

Rabu, 6-Desember-2023, 06:38


          Masa kepemimpinan H. Cik Ujang dan H. Haryanto di Kabupaten Lahat menjadi sebuah babak baru dalam sejarah pembangunan daerah. Terhitung hingga 9 Desember 2023, ketika masa jabatan mereka akan berakhir, telah banyak transformasi positif yang diwujudkan, terutama dalam sektor kesehatan. Artikel ini akan membahas peran penting Bupati Lahat H. Cik Ujang dalam membangun kesejahteraan melalui pemberdayaan sektor kesehatan di kabupaten tersebut.

          Kesehatan masyarakat menjadi pilar utama dalam visi kepemimpinan H. Cik Ujang. Peningkatan kualitas sumber daya manusia diukur melalui berbagai langkah nyata yang diambilnya. Salah satu indikatornya adalah perhatian besar terhadap penanggulangan kemiskinan melalui pembangunan ekonomi yang berbasis pada pelayanan kesehatan yang merata.

          Dalam mengimplementasikan visinya, H. Cik Ujang tak sekadar menyuarakan ide, tetapi juga menghadirkan solusi nyata. Program berobat gratis yang diinisiasi di Kabupaten Lahat menjadi langkah revolusioner dalam menangani masalah kesehatan masyarakat. Keterjangkauan pelayanan kesehatan ditingkatkan melalui kemudahan akses bagi seluruh lapisan masyarakat, menciptakan dampak positif yang terasa di seluruh pelosok kabupaten.

           Puncak dari komitmen tersebut terlihat pada 5 Desember 2023, saat Bupati Lahat H. Cik Ujang meresmikan empat fasilitas kesehatan secara langsung. Puskesmas di Lahat Selatan, Mulak Sebingkai, RSIA Adellia Graha Medika di Lahat, dan Rumah Sakit Tanjung Tebat Type D menjadi bukti konkrit dari perhatian serius terhadap kesehatan masyarakat. Langkah ini sekaligus menunjukkan kepedulian terhadap seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali.

          Namun, bukan sekadar menumpuk prestasi semata. Bupati H. Cik Ujang memahami bahwa keberhasilan sebuah program kesehatan bukan hanya tergantung pada pembangunan fisik. Oleh karena itu, pemerintahannya tak hanya menggelontorkan dana untuk infrastruktur, tetapi juga memastikan adanya pelayanan kesehatan yang berkualitas. Dalam hal ini, pembangunan Rumah Sakit Tanjung Tebat Type D bukan hanya sebuah bangunan fisik, melainkan simbol dari keinginan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan merata.

          Bukan hanya itu, perhatian khusus juga ditunjukkan terhadap masyarakat yang sulit mengakses fasilitas kesehatan. Puskesmas di daerah terpencil menjadi perhatian utama, memastikan bahwa pelayanan kesehatan mencapai seluruh lapisan masyarakat. Hal ini menjadi langkah strategis dalam menanggulangi ketidaksetaraan akses terhadap pelayanan kesehatan, dan menciptakan kesejahteraan yang merata.

          Berdirinya Rumah Sakit Tanjung Tebat Type D menjadi bukti konkrit dari komitmen Bupati H. Cik Ujang dalam menghadirkan solusi bagi masalah kesehatan masyarakat. Rumah sakit ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat miskin yang selama ini kesulitan mengakses pelayanan kesehatan akibat jarak tempuh yang jauh ke RSUD Lahat.

          Keseluruhan langkah ini menciptakan legacy yang membanggakan bagi Kabupaten Lahat. Kesejahteraan melalui kesehatan bukan lagi slogan kosong, melainkan cerminan dari visi dan komitmen nyata Bupati H. Cik Ujang. Keberhasilannya dalam mengimplementasikan program-program ini memberikan harapan bagi masyarakat bahwa kesejahteraan bisa diwujudkan melalui pemimpin yang visioner dan berkomitmen.

          Sebagai sebuah opini, penulis meyakini bahwa legacy ini sepatutnya diakui sebagai tonggak sejarah positif bagi Kabupaten Lahat. Masyarakat perlu menyadari bahwa perubahan tidak datang dengan sendirinya, melainkan melalui keputusan dan tindakan nyata dari pemimpinnya. H. Cik Ujang telah membuktikan bahwa melalui kepemimpinan yang visioner dan inovatif, sebuah daerah dapat mengalami perubahan signifikan.

           Tiga hari lagi memasuki akhir masa jabatan Bupati H. Cik Ujang dan H. Haryanto, apresiasi yang tulus perlu disampaikan. Mereka berdua telah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam membangun kesejahteraan melalui sektor kesehatan. Memilih mereka untuk kembali memimpin Kabupaten Lahat periode 2024-2029 adalah sebuah keputusan yang bijak, mengingat track record mereka yang telah teruji.

Dengan begitu, kita berharap agar langkah-langkah positif yang telah diambil dapat terus berlanjut. Bupati H. Cik Ujang dan H. Haryanto telah membuka lembaran baru dalam sejarah Kabupaten Lahat. Masa depan yang lebih cerah dan sejahtera menjadi tujuan bersama, dan melanjutkan kepemimpinan mereka adalah langkah tepat menuju visi tersebut. Selamat atas prestasi yang telah diraih, dan semoga Kabupaten Lahat terus bersinar di bawah kepemimpinan yang penuh dedikasi ini.

(Amaludin-Dosen Unsela)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater