Menyoroti Kemacetan Di Sekitar POM Bensin Bandar Agung Lahat 

Jumat, 1-Desember-2023, 07:30


          Bagi warga Lahat yang sering melintas di depan SMP Negeri 5 Lahat, pengalaman menghadapi kemacetan di sekitar POM Bensin Bandar Agung merupakan kisah yang sudah tidak asing lagi. Perjalanan yang seharusnya lancar terhenti, dan kepadatan kendaraan menjadi pemandangan biasa di pagi dan siang hari. Seakan menjadi rintangan tak terelakkan, kemacetan ini telah mengubah dinamika harian warga sekitar.

          Pemandangan antrian mobil yang merambat hingga mengambil jalur bahu jalan sepanjang depan SMP Negeri 5 Lahat adalah cerminan dari tantangan mobilitas yang dihadapi masyarakat. Kemacetan ini menjadi semakin meruncing ketika anak-anak sekolah memasuki dan meninggalkan gedung SMP setempat. Dalam situasi seperti ini, mencari solusi yang tidak hanya efektif tetapi juga dapat diterapkan dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar menjadi suatu keharusan.

          Pelebaran jalan menjadi salah satu opsi pertama yang mungkin terpikirkan. Namun, realitas di lapangan menyatakan sebaliknya. Kiri dan kanan jalan sudah dipenuhi oleh bangunan rumah, membuat opsi ini tidaklah memungkinkan. Oleh karena itu, perlu dicari solusi alternatif yang dapat mengurangi dampak kemacetan tanpa merubah struktur fisik jalan.

          Salah satu solusi yang muncul dengan relevansi yang cukup tinggi adalah pemberlakuan jam operasional pelayanan minyak solar. Mengingat bahwa kemacetan ini terkait erat dengan antrean kendaraan yang membutuhkan pengisian bahan bakar, mengatur waktu operasional pelayanan minyak solar bisa menjadi langkah yang bijak. Khususnya, menjadwalkan pelayanan tersebut setelah anak-anak sekolah pulang dapat mengurangi beban lalu lintas pada jam-jam sibuk.

          Namun, dalam mencari solusi, kita tidak bisa mengabaikan peran kesadaran semua pihak, terutama pemilik truk, bus, dan kendaraan komersial lainnya. Mereka memiliki peran kunci dalam menjaga ketertiban lalu lintas. Kesadaran untuk tidak memblock jalan atau mengambil jalur yang tidak semestinya sangatlah penting. Tindakan sederhana ini dapat memberikan kontribusi besar dalam mengurai kemacetan.

          Terima kasih perlu disampaikan kepada pihak-pihak yang telah aktif terlibat dalam mengatasi kemacetan ini. Polantas Polres Lahat, Dishub Kabupaten Lahat, dan relawan dari sekolah patut diapresiasi atas upaya mereka dalam membantu mengurai kemacetan, terutama di pagi hari. Sinergi antara aparat keamanan, instansi pemerintah, dan masyarakat relawan sangatlah penting untuk menciptakan perubahan yang nyata.

          Namun, sambil berterima kasih, kita juga perlu mengevaluasi peran pemerintah dan lembaga terkait dalam memberikan solusi jangka panjang. Bagaimana langkah konkret yang diambil untuk mengatasi kemacetan ini? Apakah ada langkah-langkah preventif yang dapat diterapkan untuk mencegah kemacetan di masa depan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu dipertimbangkan dalam upaya menciptakan solusi yang berkelanjutan.

          Dalam keseluruhan upaya mengatasi kemacetan di sekitar POM Bensin Bandar Agung Lahat, penting untuk melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Dialog yang terbuka dan konstruktif antara pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait lainnya harus terus dilakukan. Tidak hanya itu, peran media massa juga dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keteraturan lalu lintas.

          Sebagai kesimpulan, kemacetan di sekitar POM Bensin Bandar Agung Lahat adalah masalah yang memerlukan solusi holistik. Pengaturan jam operasional pelayanan minyak solar, meningkatkan kesadaran semua pihak, dan keterlibatan aktif pemerintah serta lembaga terkait merupakan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi permasalahan ini. Dalam setiap langkah yang diambil, keterbukaan, kerjasama, dan kesadaran akan menjadi kunci keberhasilan. Semoga upaya-upaya ini dapat membawa perubahan positif yang dapat dinikmati oleh seluruh warga Lahat yang melintas di depan SMP Negeri 5 Lahat.

(Amaludin-Unsela)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater