Kepemimpinan H. Cik Ujang : Menggerakkan Perubahan dalam Pelayanan Publik 

Rabu, 29-November-2023, 10:27


          Kepemimpinan adalah seni dan keterampilan untuk memimpin, menginspirasi, dan menggerakkan perubahan. H. Cik Ujang, Bupati Lahat, merupakan contoh nyata dari pemimpin yang tidak hanya melihat tantangan, tetapi juga berani mengambil langkah-langkah inovatif untuk meningkatkan pelayanan publik. Salah satu inovasi signifikan yang diimplementasikan adalah program jemput bola dalam pelayanan administrasi kependudukan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lahat.

Transformasi Pelayanan Administrasi Kependudukan

          Pemimpin yang berfokus pada perubahan adalah pemimpin yang memahami pentingnya transformasi dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Cik Ujang menciptakan perubahan nyata dengan memperkenalkan program jemput bola, sebuah inovasi dalam memberikan layanan administrasi kependudukan. Program ini tidak hanya merubah cara pelayanan dilakukan, tetapi juga memberikan kemudahan dan aksesibilitas kepada masyarakat di perdesaan.

Pemimpin Peubah dan Inovatif

          Kepemimpinan H. Cik Ujang dapat diartikan sebagai pemimpin peubah yang tidak takut melakukan perubahan. Langkah-langkah inovatifnya, seperti penggunaan mobil keliling admindukcapil, mencerminkan keberanian untuk menghadirkan solusi baru. Pemimpin peubah memiliki kepekaan terhadap kebutuhan dan ekspektasi masyarakat, dan Cik Ujang mampu mengubah paradigma tradisional pelayanan publik menjadi lebih proaktif dan mendekatkan diri kepada warganya.

          Inovasi tidak hanya terlihat dalam program jemput bola, tetapi juga dalam penyediaan sarana dan prasarana. Mobil keliling admindukcapil yang dilengkapi dengan peralatan modern seperti komputer dan mesin cetak menunjukkan keinginan Cik Ujang untuk memberikan pelayanan yang efisien dan berkualitas. Pemimpin inovatif memahami bahwa teknologi dapat menjadi alat untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas layanan.

Meningkatkan Aksesibilitas Pelayanan

          Program jemput bola menjadi solusi yang cerdas untuk meningkatkan aksesibilitas pelayanan administrasi kependudukan. Dengan membawa pelayanan langsung ke perdesaan, Cik Ujang merespon kebutuhan masyarakat yang mungkin sulit mengakses kantor pelayanan di pusat kota. Ini adalah contoh konkret bagaimana pemimpin dapat menciptakan perubahan yang bermakna dengan memahami konteks dan keberagaman masyarakat yang dipimpinnya.

Apresiasi untuk Kepemimpinan H. Cik Ujang

          Kita tidak dapat menutup mata terhadap keberhasilan dan dedikasi H. Cik Ujang dalam membawa perubahan positif di Kabupaten Lahat. Apresiasi harus diberikan kepada beliau yang dengan gigih dan penuh semangat mewujudkan visi pelayanan publik yang lebih baik. Langkah-langkahnya bukan hanya menciptakan perubahan dalam sistem, tetapi juga membawa dampak positif bagi masyarakat yang merasakan kemudahan dalam pengurusan dokumen kependudukan.

          Pemimpin yang mampu menggerakkan perubahan dalam pelayanan publik adalah aset berharga bagi masyarakatnya. Cik Ujang bukan hanya seorang Bupati, tetapi juga seorang pelayan masyarakat yang memahami bahwa keberhasilan kepemimpinan tidak hanya diukur dari pencapaian angka, tetapi juga dari dampak positif yang dirasakan oleh setiap individu di komunitasnya.

Kesimpulan

          Dalam menggambarkan kepemimpinan H. Cik Ujang, kata-kata seperti peubah dan inovatif menjadi poin fokus. Program jemput bola adalah contoh nyata bagaimana seorang pemimpin mampu menghadirkan solusi baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan meningkatkan aksesibilitas pelayanan, beliau membuktikan bahwa pelayanan publik yang berkualitas dapat diwujudkan melalui langkah-langkah inovatif dan berani.

          Kepemimpinan H. Cik Ujang adalah cerminan dari tanggung jawab dan dedikasi terhadap kesejahteraan masyarakat. Artikel ini merupakan apresiasi untuk sosok pemimpin yang tidak hanya melihat kebutuhan saat ini tetapi juga memiliki visi untuk masa depan yang lebih baik. Masyarakat Lahat beruntung memiliki seorang pemimpin yang tidak hanya memimpin, tetapi juga menginspirasi perubahan demi kesejahteraan bersama.

(Amaludin-Unsela)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater