Menghitung Hari : Siapa Pj. Bupati Lahat Pasca H. Cik Ujang? 

Selasa, 28-November-2023, 15:13


          Masa kepemimpinan Cik Ujang dan Haryanto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lahat akan segera berakhir dalam 11 hari, tepatnya pada 9 Desember 2023. Seiring dengan sudah dekatnya tanggal tersebut, tanda tanya besar muncul mengenai siapa yang akan mengisi kekosongan kepemimpinan di Kabupaten Lahat. Pemerintah pusat, melalui Kementerian Dalam Negeri, diharapkan segera mengumumkan Penjabat (Pj.) Bupati yang akan menjalankan roda pemerintahan selama setahun ke depan, hingga terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati definitif pada Pilkada tahun 2024.

          Proses pemilihan Pj. Bupati Lahat sendiri melibatkan beberapa tahapan yang melibatkan DPRD Kabupaten Lahat, Gubernur, dan Menteri Dalam Negeri. DPRD Kabupaten Lahat, melalui Ketua DPRD, mengusulkan tiga nama calon, demikian pula halnya dengan Gubernur dan Menteri Dalam Negeri. Dari total sembilan nama tersebut, hanya tiga nama yang akan sampai ke meja Presiden melalui Mensesneg, yang kemudian mengerucut menjadi satu nama yang akan menjabat sebagai Pj. Bupati Lahat.

          Salah satu harapan yang muncul dalam proses ini adalah agar Pj. Bupati Lahat yang dipilih berasal dari usulan DPRD Kabupaten Lahat melalui Ketua DPRD. Hal ini diharapkan dapat meminimalkan proses adaptasi, karena figur tersebut sudah akrab dengan kondisi daerah, serta diharapkan mampu melanjutkan program-program pembangunan yang telah dirancang oleh Bupati Cik Ujang.

          Pemilihan Pj. Bupati Lahat bukanlah sekadar proses formalitas, melainkan suatu langkah kritis dalam memastikan kelangsungan pemerintahan daerah. Salah satu pertanyaan mendasar yang muncul adalah, siapakah figur yang tepat untuk mengemban tugas berat ini? Apa saja tantangan yang mungkin dihadapi oleh Pj. Bupati yang baru? Bagaimana harapan masyarakat terhadap kepemimpinan yang akan datang?

          Pertama-tama, memilih Pj. Bupati yang tepat menjadi kunci keberhasilan transisi pemerintahan. Seorang Pj. Bupati yang memiliki pemahaman mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di Kabupaten Lahat akan mampu memberikan keberlanjutan pembangunan tanpa terhenti. Keberlanjutan ini penting, mengingat banyaknya program pembangunan yang telah dirintis oleh Bupati Cik Ujang. Kehadiran Pj. Bupati yang dapat menyelaraskan diri dengan visi dan misi sebelumnya akan menjaga konsistensi dan efektivitas pembangunan.

          Selanjutnya, Pj. Bupati Lahat harus memiliki kemampuan untuk mengelola dinamika politik dan kepentingan di tingkat daerah. Kehadiran Pj. Bupati yang mampu menjaga stabilitas politik lokal akan memberikan ruang bagi kelancaran pelaksanaan program-program pemerintahan. Pemimpin yang memiliki kebijakan inklusif, menghargai keberagaman, dan mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak akan membawa dampak positif terhadap pemerintahan dan masyarakat.

          Tantangan lain yang mungkin dihadapi oleh Pj. Bupati adalah kebutuhan akan transparansi dan akuntabilitas dalam menjalankan pemerintahan. Dalam situasi transisi seperti ini, di mana kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sangat diperlukan, Pj. Bupati harus mampu membangun kepercayaan melalui tindakan nyata dan komunikasi yang efektif. Pembangunan infrastruktur, pelayanan publik yang baik, dan pengelolaan keuangan yang transparan akan menjadi kunci untuk memenangkan hati masyarakat.

          Di samping itu, Pj. Bupati juga perlu menghadapi dinamika sosial dan ekonomi yang terus berkembang. Kabupaten Lahat, dengan segala potensi dan tantangannya, membutuhkan pemimpin yang responsif terhadap perubahan dan mampu menghadapi tantangan global yang dapat memengaruhi kondisi lokal.   Oleh karena itu, Pj. Bupati yang terpilih harus memiliki wawasan yang luas dan kemampuan adaptasi yang baik.

          Harapan masyarakat terhadap Pj. Bupati Lahat sangat besar. Masyarakat ingin melihat pemimpin yang peduli, berintegritas, dan mampu membawa perubahan positif bagi daerah. Oleh karena itu, keterlibatan aktif masyarakat dalam memantau dan memberikan masukan terhadap kinerja Pj. Bupati akan menjadi penting. Keterbukaan Pj. Bupati terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat dapat menciptakan sinergi yang positif antara pemerintah dan rakyat.

          Sebagai penutup, pemilihan Pj. Bupati Lahat bukanlah sekadar peralihan kekuasaan, melainkan momentum penting dalam perjalanan Kabupaten Lahat. Dengan melibatkan berbagai pihak, memilih figur yang tepat, dan mendorong partisipasi aktif masyarakat, Kabupaten Lahat dapat melanjutkan pembangunan secara berkesinambungan. Masyarakat pun memiliki peran besar dalam menentukan arah dan keberhasilan kepemimpinan Pj. Bupati Lahat. Seiring dengan menghitung hari, kita bersama-sama menanti langkah strategis menuju masa depan yang lebih baik.

(Amaludin-Unsela)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater