Akhir Jabatan Cahaya, DPRD Lahat Gelar Rapat Paripurna 

Senin, 27-November-2023, 15:57


Lahatonline.com, Lahat – Rapat paripurna VI masa persidangan pertama tahun sidang 2023-2024 dalam rangka pengumuman akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lahat masa jabatan 2018-2023, kegiatan tersebut berlangsung di ruang sidang utama gedung DPRD Kabupaten lahat, yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Lahat, Ketua serta wakil ketua DPRD Lahat dan anggota, para OPD, kepala badan, Canat, lurah, Kepala desa serta unsur Forpimda Kabupaten Lahat, Senin, (27/11/23).

Rapat tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lahat Fitrizal Homizi, ST.MM.M.Si., dirinya mengatakan Bawa kepala daerah dan atau wakil kepala daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatannya selanjutnya pada pasal 79 ayat 1 juga dijelaskan bahwa pemberhentian kepala daerah dan atau wakil kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD kepada menteri melalui Gubernur sebagai sebagai Wakil pemerintah pusat untuk Bupati dan atau wakil bupati atau walikota dan wakil walikota untuk mendapatkan penetapan pemberhentian selanjutnya gubernur Sumatera Selatan melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 8 November 2023 telah menyampaikan surat dengan nomor 162/3 3710/2023 perihal rapat paripula pengumuman akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Lahat.

Untuk menindaklanjuti maksud dari undang-undang nomor 23 tahun 2014 dan surat gubernur Sumatera Selatan termasuk maka pada hari ini DPRD Kabupaten Lahat melaksanakan rapat paripurna pengumuman akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati lahan masa jabatan 2018-2023 sebagaimana kita ketahui bersama bahwa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Lahat telah berjalan selama 5 tahun sesuai dengan keputusan menteri Dalam Negeri nomor 1 3 1. 16-84-10 tanggal 18 tanggal 5 November 2018 tentang pengangkatan bupati Kabupaten Lahat dan keputusan menteri Dalam Negeri nomor 1 3 1. 16-841 tanggal 5 November 2018 tentang pengangkatan bupati dan wakil Kabupaten Lahat.

Pengucapan sumpah jabatan Bupati dan Kabupaten Lahat pada tanggal 9 Desember 2018 berdasarkan surat keputusan tersebut maka saudara Bupati dan Wakil Bupati Lahat akan mengakhiri masa jabatannya pada tanggal 9 Desember 2023. selama 5 tahun masa kepemimpinan Bapak H. Cik Ujang, SH dan Bapak H. Haryanto telah terjalin hubungan yang sangat harmonis antara pemerintah daerah dan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah di Kabupaten Lahat sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Lahat periode 2018-2023 yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Lahat yang berakhlak Mandiri berkeadilan makmur dan sejahtera.

Serta terselenggaranya pembangunan yang berbasis pemerataan berkelanjutan Pemerintah Kabupaten Lahat dalam bekerja optimal untuk merealisasikan visi misi tersebut yaitu melalui beberapa program diantaranya peningkatan APBD Kabupaten Lahat dari angka 1,8 triliun pada tahun 2018 menjadi 2,6 triliun di tahun 2023 Kabupaten Lahat juga telah berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari 4,03% menjadi 6,09% di Tahun 2022 selanjutnya di bidang infrastruktur baik itu jalan sensor ataupun aspal setelah diselenggarakan pembangunan yang signifikan dari 58,8 1% menjadi 78,95% sehingga dapat mendukung mobil mobilitas masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik untuk bidang pendidikan program sekolah gratis sudah lama direalisasikan juga ditambah juga ditambah dengan program pemberian seragam gratis bagi siswa SD dan SMP se Kabupaten Lahat selanjutnya Kabupaten Lahat setelah berhasil menurunkan perekonomian dari 48,1% menjadi 19 %
Pemerintah Kabupaten Lahat telah sukses sebagai tuan rumah penyelenggaraan pekan olahraga Provinsi Sumatera Selatan ke-14 tahun 2023 dan keluar sebagai juara umum dari kejuaraan olahraga terbesar di Provinsi Sumatera Selatan tersebut.

“Kami pimpinan dan anggota DPR memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya karena selama masa kepemimpinan Bapak haji telah menerima berbagai macam penghargaan antara lain satu penghargaan tertinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup piala Adipura dalam kategori kota sedang yang diserahkan oleh yang diserahkan langsung oleh menteri lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia kedua Raihan opini wajar tanpa pengecualian sebanyak 9 kali berturut-turut dari badan pemeriksaan keuangan Republik Indonesia ketiga Pemerintah Kabupaten Lahat berhasil menurunkan angka kemiskinan dengan cara menekan laju inflasi masyarakat dengan tetap konsisten menjalankan program-program kerakyatan dan menurunkan angka kemiskinan kepada Hari ini merupakan penurunan yang tertinggi dalam kurun waktu 4 tahun terakhir serta masih banyak lagi penghargaan-pengargaan yang diraih oleh Kabupaten pada masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati,” terang Fitrizal Homizi.

Sementara itu, Bupati Lahat H. Cik Ujang, SH., didampingi Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto, SE.MM.MBA, dalam sambutannya mengatakan, saya selaku bupati dan wakil bupati secara resmi mengakhiri masa jabatan periode ini pada tanggal 9 desmeber 2023, maka izin kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah mendukung kami dalam melaksanakan tugas memipin kabupaten lahat 5 tahun berlalu tidak terasa kami akan mengakhiri masa jabatan.

“Kami telah berupaya bekerja kesra,s bekerja cerdas dan bekeja iklas untuk mensejahterahkan masyarakat Kabupaten lahat,”ucap Cik Ujang.

Dalam mewujudkan Lahat bercahaya, kami yakin masih ada kekurangan karena dilanda covid 19, waktu pengabdian kami tinggal 12 hari ini, oleh karena itu Kami Pamit. Dan kami mohon maaf lahir batin ada tutur kata sikap dan perbuatan yang kurang baik yang sengaja atau tidak disengaja dan semoga senantiasa diberik kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT.

“Dan kita telah memasuki tahun politik, saya berpesan agar tetap menjaga situasi dan kondisi kabupaten lahat yang tetap aman, pilihan boleh berbeda tapi jangan sampai kuta bercerai berai yang dapat memutuskan yali silahturahmi,” imbaunya mengakhiri sambutan.

Dalam rapat tersebut dilakukan penanda tanganan berita acara oleh ketua dan wakil ketu serta disaksikan oleh Bupati dan wakil bupati dan anggota DPRD Lahat.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater