Festival Budaya Kuda Kepang, Bupati Lahat : Lestarikan Budaya Dan Jaga Persatuan 

Sabtu, 25-November-2023, 19:34


Lahat — Dalam melestarikan budaya di Indonesia, pemerintah kabupaten Lahat melalui Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Lahat, pada Sabtu (25/11/2023) melaksanakan Festival Budaya Kuda Kepang di kabupaten Lahat bertempat di lapangan PJKA kabupaten Lahat.

Tampak dalam kegiatan Bupati Lahat Cik Ujang SH, Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Niel Aldrin SE MAP, Pemuka adat, pemuka agama, Kepala OPD dan peserta festival.

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Lahat Niel Aldrin SE MAP mengatakan “kegiatan festival kuda lumping di latar belakangi yaitu untuk melestarikan dan mengelola kesenian kuda kepang yang merupakan bagian dari warisan budaya, Pemerintah Kabupaten Lahat dalam hal ini berusaha untuk selalu bersama-sama dengan masyarakat kelompok kuda kepang untuk melestarikan kesenian kuda kepang

Dengan adanya festival kuda kepang diharapkan kesenian kuda kepang tidak hilang oleh perkembangan zaman di tujuan di sini tujuannya untuk memupuk rasa kecintaan dan kesadaran akan pentingnya melindungi dan melestarikan serta memberi pemahaman kepada masyarakat tentang nilai-nilai seni dan pentingnya usaha pemeliharaannya, kegiatan ini di laksanakan semalam dua hari Sabtu dan Minggu tanggal 25 -26 November 2023 dengan peserta sebanyak 20 kelompok ini berasal dari seluruh kabupaten Lahat tim juri sebanyak 5 orang yaitu dari penggiat kesenian dan seniman,” katanya.

Sementara Bupati Lahat H.Cik Ujang SH yang sekaligus membuka kegiatan mengatakan
Hari ini kita menyaksikan perlombaan kuda kepang kesenian dari seberang Pulau Jawa yang kita membudayakan dan melestarikan kebudayaan di seluruh Republik Indonesia ini khususnya di kabupaten Lahat ini banyak sekali kebudayaan-kebudayaan walaupun dari pulau Jawa , Kalimantan dan lainnya. khususnya daerah kabupaten Lahat Alhamdulillah ini terbina dengan baik.

Kebudayaan ini terus dijalankan terus diadakan kegiatan-kegiatan ini adalah tanda ingat leluhur. Bangsa Indonesia dengan aneka kebudayaan , bahasa terus suku dari setiap daerah ini mempertahankannya termasuk di Kabupaten Lahat Sumsel. pemersatu kita adalah bahasa Indonesia jadi untuk itu kita adalah keluarga adalah saudara kita adalah sesama dengan itu kita jaga gotong royong persatuan kesatuan nasionalisme tetap dijaga supaya jangan terpecah belah NKRI adalah harga mati,” ucap Cik Ujang.

Kegiatan dimulai dengan pemukulan gong oleh bupati Lahat Cik Ujang SH didampingi Forkompimda kabupaten Lahat dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat. Dan dilanjutkan atraksi kuda kepang dari peserta festival. (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater