Upacara Bendera Merah Putih Jadi Penutup Perayaan Dua Momen Bersejarah 

Sabtu, 25-November-2023, 19:09


LAHAT – Upacara bendera merah putih jadi penutup perayaan dua momen bersejarah pada Sabtu 25 November 2023. Upacara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke – 78 tersebut, telah diselenggarakan di SMPN 1 Unggul Lahat Selatan.

Tahun ini, HGN bertema Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar, sedangkan HUT PGRI ke 78 mengusung tema Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju.

Berbagai rangkaian kegiatan telah terselenggara sejak 7 November dan berakhir 25 November 2023. Mulai dari seminar nasional yang diisi oleh Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof Dr Unifah Rosyidi MPd, mendatangkan dua stand up comedian yakni Bintang Bete dan Jasnaim, tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Puspa Bakti Kota Lahat, pembagian sembako dan nasi kota kepada tukang becak hingga panti asuhan, dan terakhir pelaksanaan upacara bendera sekaligus pemotongan tumpeng, pemberian penghargaan kepada dewan pendidikan serta dua guru yang akan memasuki masa purna bakti.

Pelaksanaan upacara bendera dalam memperingati HGN dan HUT PGRI, dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA. Dalam amanatnya, Haryanto membacakan pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim.

Dalam pidato itu, Nadiem mengatakan, guru merupakan nakhoda kapal dalam dunia pendidikan, yang saat ini terus bergerak dalam mewujudkan Merdeka Belajar. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.

“Kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid,” sampai Haryanto saat membacakan pidato Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Selaras dengan tujuan Mendikbudristek yang berharap guru terus bergerak wujudkan merdeka belajar. Ketua PGRI Kabupaten Lahat Dr Hasperi Susanto SPd MM juga berpesan, agar para guru kedepannya untuk terus siap menghadapi tantangan zaman yang semakin canggih dengan teknologi digital. Sehingga, guru tidak hanya sekedar mengajar tapi juga mendidik.

“Era kedepan, guru harus benar-benar bisa menguasai teknologi sesuai dengan perkembangan zaman,” sampainya.

Via

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater