Kabupaten Lahat Upacara HUT PGRI ke-78 dan HGN Tahun 2023 

Sabtu, 25-November-2023, 18:55


Lahat —-Pemerintah kabupaten Lahat melaksanakan Upacara bendera dalam rangka HUT PGRI ke-78 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 . Bertempat di lapangan SMP Negeri 1 Lahat Selatan kabupaten Lahat provinsi Sumsel.

Bertindak selaku Pembina upacara Wabup Lahat H.Haryanto SE MM, turut hadir dalam kegiatan Forkompimda kabupaten Lahat atau yang diwakili, kepala OPD /badan Guru di kecamatan Lahat dan Peserta upacara perwakilan dari SD, SMP SMA .

Di kesempatan tersebut di bacakan ikrar guru Indonesia dan sejarah singkat guru Republik Indonesia .

Pembina upacara Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE MM membacakan amanat
Menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi menyampaikan Ibu dan bapak guru di seluruh indonesia yang senantiasa saya banggakan,Tahun ini mungkin menjadi tahun terakhir saya merayakan hari guru nasional sebagai menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Saya optimis bahwa semua pendidik di seluruh indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan merdeka belajar. Keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil kita capai bersama dalam empat tahun terakhir.

Pada tahun pertama merdeka belajar, kita menghapus ujian nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Kita menerapkan asesmen nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.

“Lalu di tahun berikutnya, kita meluncurkan kurikulum merdeka. Jika asesmen nasional mengukur tujuan perubahan, kurikulum merdeka memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan itu. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid” katanya.

Ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform merdeka mengajar. Jutaan guru di seluruh indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan kurikulum merdeka.

Selanjutnya, terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan pendidikan guru penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

Terakhir, yang juga sangat membahagiakan adalah kita sudah semakin dekat untuk mencapai target satu juta guru ASN PPPK guna memenuhi kebutuhan guru, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

“Semua ini membuat saya percaya bahwa hari guru nasional tahun ini bukanlah salam perpisahan. Sebaliknya, peringatan hari guru nasional tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan indonesia. Oleh karena itu, mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan merdeka belajar. Selamat hari guru nasional,” katanya.

Terpisah ketua PGRI kabupaten Lahat Dr. Hasperi Susanto S.Pd.MM menyampaikan
Dengan tema “transformasi guru menuju Indonesia maju”, Saya harap semua guru di Kabupaten Lahat mengajar seperti biasa Kemudian jangan gaptek gagap teknologi tapi melek teknologi karena ke depan mau tidak mau Suka tidak suka kita akan menyongsong Indonesia maju dengan berbagai macam aplikasi dan teknologi”, ucapnya.

“Kemudian untuk para guru-guru tolong diawasi tentang bullying/perundungan karena banyak di berbagai daerah terjadi tetapi di kabupaten Lahat ini nol. Dan pada saat ini kami semua guru di kabupaten Lahat sudah menjalin kerjasama dengan hukum untuk salah satunya perlindungan guru supaya mengajar itu semangat memberikan aspirasi yang tinggi,” katanya .

karena ya banyak terjadi, ada kejadian guru yang di laporkan siswa ke ranah hukum
Seperti salah satu contoh ada kejadian ini dipukul oleh siswanya kemudian diadukan oleh orang tuanya ke ranah hukum, hendaknya di Kabupaten Lahat saya memohon kepada wali murid / Wali siswa berpikir dan berpikir lagi gunakan Jalan kedamaian dulu koordinasi kami juga ada sub bidang untuk menangani itu Dan saya yakin tidak ada yang tidak selesai dengan baik. Dan Alhamdulillah di tahun 2023 tidak ada bullying . Dan saya yakin dengan guru-guru yang ada di Kabupaten Lahat akan mengawasi setiap siswa-siswanya di sekolah.

“Dan salah satu contoh yang sangat kami banggakan dalam mencegah bullying bahwasanya melalui Dinas Pendidikan ada program kurikulum muatan lokal yaitu BTA baca tulisan itu salah satunya untuk menghilangkan masalah bullying ini karena dengan membaca Alquran dan semuanya agama lain juga ada tentang agama mereka mengerti memahami dan tidak akan terjadi yang namanya bullying,” ucapnya. (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater