Peningkatan Infrastruktur dan Pelayanan Kesehatan : Langkah Positif Bupati Lahat di Merapi Barat 

Sabtu, 18-November-2023, 23:59


      Pada tanggal 18 November 2023, Bupati Lahat H.Cik Ujang.SH melakukan tinjauan terhadap proyek pembangunan yang tengah berlangsung di Kecamatan Merapi Barat. Dalam kunjungannya, ia didampingi oleh Unsur Trifika Kecamatan dan Camat Merapi Barat.   Sorotan tertuju pada peningkatan infrastruktur dan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut, yang menjadi langkah positif bagi masyarakat. Di bawah kepemimpinan H.Cik Ujang dan H.Haryanto, sejumlah program telah diimplementasikan, mencakup sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, serta bantuan sektor pertanian, peternakan, dan perikanan.

      Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus utama pemerintahan di Kecamatan Merapi Barat. Proyek-proyek tersebut mencakup perbaikan jalan, pembangunan jembatan, dan peningkatan Kantor Camat serta Puskesmas. Dalam upayanya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Bupati Lahat turut meninjau Puskesmas Merapi yang tengah direnovasi menjadi bangunan dua lantai. Langkah ini diharapkan dapat memberikan ruang dan fasilitas yang lebih baik bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

      Tidak hanya dalam sektor infrastruktur, tetapi juga pada program-program sosial. Bupati Lahat menegaskan komitmennya terhadap pendidikan dengan menyelenggarakan program sekolah dan berobat gratis. Pemberian bantuan pakaian seragam sekolah bagi anak-anak yang baru masuk SD dan SMP juga menjadi perhatian utama, menciptakan kondisi yang mendukung akses pendidikan bagi semua kalangan.

      Salah satu inisiatif unik yang diusung oleh Bupati Lahat adalah program "Satu Desa Satu Sarjana". Program ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat pendidikan di desa-desa, dengan memberikan kesempatan bagi setiap desa untuk memiliki sarjana yang dapat mendukung pembangunan lokal. Inisiatif ini mencerminkan visi pemerintahan yang berfokus pada peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia.

      Dalam pernyataannya, Bupati Lahat menyatakan keyakinannya bahwa perubahan positif telah terjadi seiring dengan berjalannya pembangunan infrastruktur dari desa menuju kota. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan tercermin dari perehapan Kantor Camat, Puskesmas, dan Kantor Lurah. Bupati optimistis bahwa tahun ini, sejumlah perehapan atau renovasi Puskesmas dan Kantor Camat akan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

      Namun, tentu saja, setiap pembangunan tidak terlepas dari tantangan. Pengawasan yang ketat dalam pelaksanaan proyek, pengelolaan dana yang efisien, serta partisipasi aktif masyarakat menjadi kunci kesuksesan. Oleh karena itu, peran serta masyarakat dalam menjaga dan memelihara infrastruktur yang telah dibangun menjadi hal yang tidak bisa diabaikan.

      Peningkatan infrastruktur dan pelayanan kesehatan di Merapi Barat bukan hanya sebuah transformasi fisik, tetapi juga mencerminkan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan adanya infrastruktur yang memadai, masyarakat diharapkan dapat merasakan dampak positif secara langsung, baik dari segi aksesibilitas, kesejahteraan, maupun kesehatan.

      Dalam konteks ini, langkah-langkah positif yang diambil oleh Bupati Lahat merupakan contoh bagi pemimpin daerah lainnya. Keterlibatan aktif dalam proses pembangunan, pemantauan langsung terhadap proyek-proyek, dan orientasi pada kepentingan masyarakat menjadi modal utama dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

      Secara keseluruhan, peningkatan infrastruktur dan pelayanan kesehatan di Merapi Barat adalah cermin dari komitmen Pemerintah Kabupaten Lahat untuk membawa perubahan positif. Langkah-langkah nyata yang diambil oleh Bupati Lahat menciptakan harapan akan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat. Dengan tetap memperhatikan partisipasi masyarakat dan menjaga transparansi, pembangunan ini dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain yang tengah berusaha meningkatkan kualitas hidup penduduknya.

(Amaludin)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater