Bupati Lahat Cik Ujang Silahturahmi Dengan Warga Merapi Area Di Desa Sengkuang 

Kamis, 16-November-2023, 20:24


Lahatonline.com, Sengkuang – Silahturahmi Bupati dan Wakil Bupati Lahat dengan Masyarakat Merapi Area pada hari ini, Kamis, (16/11/23) di desa Sengkuang Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat berlangsung meriah.

Kegiatan silahturahmi Bupati Lahat H. Cik Ujang, SH dengan Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE.MM di desa Sengkuang di hadiri oleh para kepala dinas, kepala badan, Camat Merapi Timur Aria Pulun, Camat Merapi Barat Drs. Erlambang, Camat Merapi Selatan, Sabarudin, kepala Desa Sengkuang Jamhari, ketua forum kepala desa Merapi Timur, Barat dan Selatan, seluruh kepala desa di Merapi Area, tokoh adat rokoh masyarakat, PKK, kader Posyandu, Karang Taruna, serta warga desa Sengkuang.

Hadir didesa Sengkuang sekitar pukul 11.00 WIB, Cik Ujang disambut hangat oleh kepala desa sengkuang serta para camat dan masyarakat desa, untaian kaki melangkah dengan diiringi dengan tabuhan robana (terbangan), serta sambutan hangat riang gembira dari anak-anak sekolah dasar hingga menghantarkan Bupati beserta rombongannya menuju panggung acara, semua tampak gembira dengan hadirnya orang nomor satu di Kabupaten Lahat tersebut.

Kepala desa Sengkuang Jamhari mengucapakan selamat datang kepada Cik Ujang yang telah hadir dalam kegiatan tersebut.

Dirinya mengatakan, silahturahmi Bupati Lahat sekaligus sedekah adat desa Sengkuang dan Launching desa sengkuang sebagai desa Budaya.

Jamhari mengatakan, hadirnya Cik Ujang didesa Sengkuang di ibaratkan sungai Lematang yang mengalir dan melintas di Sengkuang mampu melepas dahaga bagi masyarakat. Begitu pula Cik Ujang yang hadir secara langsung dapat memberikan kegembiraam serta melepas kerinduang bagi masyarakat Merapi Area umumnya dan Warga Sengkuamg khususnya.

Dalam kesempatan itu pula, Kepala Desa Sengkuang menyampaikan bahwa Sengkuang merupakan desa adat dan kaya akan budaya seperti adanya benda zaman Bahi peninggalan orang- orang terdahulu seperti alat untuk membuat perahu, Bliung untuk menebang pohon, parutan kelapa serta masih banyak lagi.

Ia juga menyampaikan niatnya, bahwa kedepan desa Sengkuang akan dibangun Musium mini untuk menempatkan benda-benda peninggalan nenek moyang.

Hal tersebut wajib dilestarikan guna memberikan edukasi kepada para generasi penerus agar tidak pudar dimakam zaman.

Kelak dengan adanya musium mini dapat memberikan pengetahuan kepada anak-anak agar lebih mengenal adat dan budaya didesa tersebut.

Jamhari juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Lahat, baru dua tahun dirinya menjabat kepala desa, namun pembangunan didesa tersebut dapat dirasakan serta bermanfaat bagi warga setempat.

“Dalam sedekah adat dan silahturahmi dengan Bupati ini kami memotong satu ekor Kerbau besar sebagai tanda syukur kita kwpada Allah SWT, karena bupati Lahat pembangunannya merata di Kabupaten Lahat,” ungkapnya.

Dan saatnya nanti kami minta Bapak Bupati untuk melaunching Desa Sengkuang sebagai desa Budaya, tutupnya.

Sementara itu, Bupati Lahat H. Cik Ujang, SH., menyampaikan terima kasih kepada pemerintah desa Sengkuang yang telah begitu baik menyanbut dirinya beserta rombongan, sehingga masa lalu kembali terkenang dikala dirinya masih mencari kayu didessa tersebut.

“Banyak teman lama saya di desa ini, Alhamdulillah mereka hadir di acara ini, kami ucapkan terima kasih banyak kepada Kepala desa Sengkuang,” kata Cik Ujang.

Cik Ujang berharap silahturahmi ini akan terus terjalin walau dirinya kini tinggal menghitung hari sebagai Bupati Lahat.

Ia juga meminta agar adat dan budaya peninggalan leluhur agar tetap dilestarikan dan dijaga.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater