Warga Dusun V Indikat Ilir Padati Masjid Al-Basariah Degarkan Ceramah Ustad M.Mukrumin

Minggu, 1-Oktober-2023, 04:36


ENDIKAT ILIR – Tanggal 28 September 2023 bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1445 Hijriah, sehingga, ditanggal tersebut, diperingati sebagai hari Peringatan Maulid Nabi oleh seluruh umat Islam se-Indonesia, tak terkecuali warga dusun V desa Indikat Ilir kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat.

Acara dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H tersebut, dilaksanakan di Masjid Al-Basariah didusun V desa Indikat Ilir, kecamatan Gumay Talang Lahat, dengan mendatangkan Penceramah Ustad M. Mukrumin, S,Pd.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Masjid Al-Basariah, Ade Fabriansyah, serta Pengurus Masjid, Ketua pelaksana Firmansyah, Sekretaris M. Ali, tokoh masyarakat, agama, karang taruna, warga serta anak-anak dusun V desa Indikat Ilir kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat.

Dalam ceramahnya, Ustad M. Mukrumin S,Pd menjelaskan, tentang sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW. Diceritakan Ustad, bulan Muharram merupakan salah satu bulan Mulia bagi umat Islam.

“Dibulan Muharram ini juga banyak terjadi peristiwa penting. Salah satunya yakni Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah yang terjadi pada 622 Masehi,” terangnya.

Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya melaksanakan hijrah dari Mekkah ke Madinah (Yastrib) pada 622 Masehi ini, setelah mendapatkan izin dari Allah SWT. Nabi Muhammad SAW untuk hijrah setelah kaum kafir Quraisy di Mekkah melakukan pengusiran dan penzaliman terhadap dakwah Rasulullah.

Dijelaskannya, kisah hijrah Nabi Muhammad SAW ini penuh dengan tantangan. Hijrah dilakukan karena dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW kepada kaum Quraisy terus mendapat tantangan dan serangan, hingga makar pembunuhan.

“Mereka semakin membenci ajakan Rasulullah untuk beriman kepada Allah SWT,” tutupnya.

Sementara, Ketua Masjid Al-Basariah, Ade Fabriansyah didampingi Ketua Pelaksana Firmansyah mengatakan, acara memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, setiap tahun kita laksanakan.

“Semua ini, untuk menambah pengetahuan, khususnya anak-anak kita warga dusun V desa Indikat Ilir Gumay Talang, dalam sejarah serta perjalan utusan Allah SWT dalam menyebarkan agama Islam,” kata Firmansyah. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater