HERMAN DERU AJAK MASYARAKAT DESA, MANFAATKAN POT DI KANTOR DAN DIRUMAH

Sabtu, 20-Mei-2023, 23:59


PAJAT BULAN – Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang dilaunching di Kabupaten Lahat tahun lalu. Oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru bersama Bupati Lahat, Cik Ujang. SH, terus digalakkan.
Seperti yang disampaikan Gubernur saat halal bihalal dengan masyarakat desa di Kecamatan Pajar Bulan, Sabtu siang (20/5/2023).

Gubernur mengajak masyarakat untuk beralih dari konsumen menjadi produsen. Bisa memanfaatkan perkarangan rumah maupun kantor. Kalau di rumah biasanya ibu- ibu menanam bunga di Pot. Siapkan lima pot lalu menanam sayur untuk kemandirian pangan. Untuk dikantor juga bisa menanam di pot,” ungkapnya

Untuk mendapatkan bibit sayur bisa menemui Dinas Pertanian Kabupaten. Bila perlu ambil di Dinas Pertanian Provinsi.
Dijelaskannya, bahwa program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan sudah banyak melahirkan prestasi. Lantaran menjadi provinsi pengendali inflasi terbaik di Indonesia.

Sementara Bupati Lahat, Cik Ujang. SH menyampaikan dalam halal bihalal tersebut. Agar masyarakat desa dapat terus menjaga kekompakan dan kearifan lokal. Guna mendukung akses mobilisasi perkebunan dan pertanian di desa. Pihaknya telah melakukan perbaikan jalan.

Di bagian lain, Forum Kades Kecamatan Mulak Ulu Radius Prawira dibincangi tanggapannya terkait Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang digalakkan oleh Gubernur Sumsel dan Bupati Lahat sangat baik. Apalagi program pembangunan yang dilalukan Bupati Cik Ujang. SH membuat pihak desa bisa fokus melaksanakan program ketahanan pangan. Ditambah adanya Dana Desa, sehingga program pemberdayaan masyarakat melalui ketahanan pangan bisa berjalan.

“Berobat gratis, pendidikan dibantu lalu infrastruktur jalan dibangun oleh Pemkab Lahat. Sehingga untuk ketahanan pangan, kami bisa fokus. Sebelumnya perna ternak kambing dan ikan. Kedepan kami siapkan 3 ha untiuk kebun buah dan sayur yang bisa menjadi pendapatan desa,” ungkapnya.

(ANDI KOMINFO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater