CIK UJANG KLAIM, PROGRAM DESA BERDAYA SUDAH TEREALISASI DENGAN DANA DESA

Selasa, 16-Mei-2023, 17:49


LAHAT – Pada hari ini menjadi catatan koreksi bagi pemerintahan Cik Ujang dan Haryanto, aksi ini muncul ketika ratusan demonstran yang mengatasnamakan aliansi organisasi kepemudaan (OKP) bersatu peduli rakyat kabupaten Lahat menggelar orasi di depan kantor DPRD Lahat dan Pemda kabupaten Lahat, Selasa (16/05/2023).

Unjuk rasa yang terdiri dari organisasi GMNI, SAPMA, Pemuda Muhamadiyah, HMI digelar pukul sekira 09:15 wib, massa menilai lebih kurang lima tahun ke belakang program Bupati Lahat Bercahaya belum terealisasi alias janji yang belum ditepati.

Salah satu hal yang menarik perhatian saat massa mengungkap program desa berdaya, Dana Desa 500 juta hingga 2 Miliar yang belum terealisasi.

Merespon hal ini, Cik Ujang dihadapan massa menyampaikan program Desa berdaya dengan Dana Desa 500 hingga 2 milyar sudah berjalan.

“Sekarang Dana Desa sudah terealisasi setiap desa 500 hingga 700 juta,” ujar Cik Ujang.

Merespon pernyataan Cik Ujang terkait desa berdaya, salah satu peserta aksi demo yang minta namanya dirahasiakan kepada wartawan lahatonline.com mengatakan,

“kita minta Cik Ujang menjelaskan Program Desa Berdaya, Lahat Bercahaya anggarannya dari mana, tidak bisa program Dana Desa diklaim menjadi program desa berdaya” ujarnya

“Program Dana Desa merupakan program pemerintah pusat anggarannya dari APBN. Dan progran dana desa sudah ada sebelum Cik Ujang menjadi Bupati Lahat. sudah waktunya Cik Ujang menjawab sumber dana dan buktikan kalau program Desa berdaya sudah terealisasi dengan jelas dengan tidak mendompleng dana desa” ungkapnya lagi.

Sebagaimana diketahui Tahun 2015 merupakan tahun pertama kalinya Pemerintah Indonesia mengucurkan Dana Desa sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dana ini diharapkan agar dimanfaatkan oleh pemerintah desa untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat desa.

Berdasarkan pantauan dilapangan masyarakat berharap Cik Ujang merealisasikan program Lahat berdaya, Dana Desa 500 hingga 2 miliar.

Caplin/LO

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater