PUSKESMAS MUARA TIGA RAMAI DI KUNJUNGI WARGA UNTUK BEROBAT 

Selasa, 2-Mei-2023, 10:40


MUARA TIGA – Pusat Kesehatan Masyarakat yang dikenal dengan sebutan Puskesmas adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya pada satu atau bagian wilayah kecamatan. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dinyatakan bahwa Puskesmas berfungsi menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) tingkat pertama.

Puskesmas merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, sehingga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, akan mengacu pada kebijakan pembangunan kesehatan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota bersangkutan, yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Lima Tahunan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Selasa (02/05/2023).

Di temui di ruang kerjanya KUPTD Puskesmas Muara Tiga, Darwis.SKM menjelaskan, ” Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) yang diselenggarakan di Puskesmas Muara Tiga terdiri atas UKM Esensial dan UKM Pengembangan. Adapun yang termasuk dalam UKM Esensial meliputi Promosi Kesehatan, kesehatan Lingkungan, pelayanan Gizi, KIA-KB;
Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Surveilans dan Sentinel SKDR, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular.

Sedangkan yang termasuk dalam UKM Pengembangan meliputi, upaya Kesehatan Sekolah (UKS), Kesehatan Jiwa, kesehatan Lanjut Usia.
Usaha Kesehatan Perseorangan (UKP) di Puskesmas Puskesmas terdiri dari Pelayanan pemeriksaan Umum, kesehatan Gigi dan mulu dan
Rawat Inap, UGD.
Pelayanan Kepfarmasian
Pelayanan Laboratorium
Pelayanan Gizi
Pelayanan KIA dan KB,”Papar Darwis.

Menurut Darwis, Pasca Cuti Lebaran Idul Fitri 1444 H tahun 2023 Puskesmas Muara Tiga mengalami lonjakan pengunjung. bedasarkan kajian medis, hal ini disebabkan faktor pola makan yang tidak normal setelah berpuasa, pencernaan mengalami situasi labil hingga menimbulkan benih bakteri akhirnya tubuh mengalami sakit.

Kita berharap masyarakat tidak hanya datang untuk keperluan berobat, tetapi bisa juga memanfaatkan kesempatan untuk untuk konsultasi kesehatan, baik kesehatan personal, ibu hamil maupun konsultasi kesehatan Lingkungan.

Puskesmas terus berenovasi dan komitmen mengupayakan pelayanan terbaik kepada masyarakat. hal ini kita lakukan sesuai dengan program Bupati Cik Ujang menuju Lahat Bercahaya dengan program berobat gratis. semua ini bentuk kepedulian pemerintah kabupaten Lahat untuk kesejahteraan masyarakat khususnya disektor kesehatan,”tegasnya.

Di tempat terpisah, dr.Verra selaku dokter umum puskesmas Muara Tiga menyampaikan, “Pasca cuti Lebaran idul Fitri banyak masyarakat mengeluhkan kesehatan, fenomena ini timbul akibat pola makan yang tidak normal serta kesiapan pencernaan pasca berpuasa.

Kita menghimbau kepada masyarakat agar istirahat yang cukup, jaga pola makan serta rutin konsultasi kesehatan ke fasilitas kesehatan,” imbau Verra.

Dari pantauan dilokasi nampak ramai warga berdatangan untuk berobat hingga mengambil surat rujukan. para tenaga kesehatan nampak responsif melayani pengunjung puskesmas.

Caplin/LO

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater