PETANI KARET CEMPAKA SAKTI BERHARAP HARGA KARET MENCAPAI RP.10.000,- PERKILO

Rabu, 29-Maret-2023, 16:01


CEMPAKA SAKTI- Memasuki pasaran harga getah karet tepatnya di Kasawan Sp 1 Palembaja desa cempaka sakti kecamatan Kikim timur kabupaten lahat, harga getah karet belum ada kenaikan seperti biasa.

Menurut BAROSA warga setempat selaku petani karet dirinya menerangkan” harga karet pasaran setiap hari Rabu, untuk hari ini tidak naik, karena pasaran rabu belakang, harganya tidak berubah tetap per kilogramnya Rp 8.400,- padahal harga sawit sempat perkilonya seharga Rp 9.000,- lebih. kami ini para petani karet sangat berharap harga karet di naiken menjadi harganya Rp 10.000,- per kilogramnya karena kami petani karet di musim hujan kadang sadap karet, mengambil getah di pohon, sangat kesulitan. apalagi belum untuk beli pupuk dan racun semprotnya, ” dengan tersenyum smringah terangnya kepada awak media, rabu (29/3/23).

Sementara WAYAN selaku toke pembeli karet ia mengungkapkan” kita hari ini mengambil harga karet per kilogram 8.400,- karna kita agen sebab karet ini kita beli untuk di jual lagi ke pabrik dengan harga Rp 9.500,- tergantung kadarnya, kalau kita beli dengan harga sama dengan Pabrik, kita mau untung bukan rugi, belum karetnya susut, belum operasionalnya seperti minyak mobil, makan di jalan dan lainya” ungkapnya.

“Dulu sebelum ada sawit kita beli karet didesa cempaka sakti mencapai angka 80 persen dari segi banyaknya, sekarang karet hampir punah karena petani karet cendrung balik ke petani sawit, mungkin petani sawit mudah perawatannya,” nada lesu ujarnya.

(TERIMO/LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater