PUSKESMAS MUARA TIGA ADAKAN TRAUMA HEALING ANAK-ANAK TERDAMPAK BENCANA 

Selasa, 14-Maret-2023, 18:00


KEBAN AGUNG – Puskesmas Muara Tiga melaksanakan kegiatan mengatasi Trauma Healing pada anak-anak Sekolah Dasar Desa Keban Agung kecamatan Mulak Sebingkai Kabupaten Lahat pasca bencana Banjir Bandang beberapa hari lalu.

Kepala Puskesmas Muara Tiga, Darwia,SKM kepada wartawan media lahatonline.com Selasa (14/03/2023) menyampaikan, kegiatan tersebut penting dilaksanakan untuk memulihkan psikologi warga, karena peristiwa tersebut telah mengakibatkan puluhan kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya.

“Mereka yang terdampak bencana banjir mengungsi ke tempat keluarga dan tetangganya.

Bagi para korban dari kejadian ini tentunya dapat menimbulkan trauma yang mendalam ataupun korban biasanya rentan terhadap stres,” ungkapnya.

Dikatakan Darwis, dampak dari gangguan trauma itu sendiri tentu bervariasi, dari yang ringan sampai yang berat.

“Beberapa gangguan trauma itu diantaranya selalu merasa cemas dan sangat mengganggu, terbayang-bayang dengan peristiwa bencana, mimpi buruk yang menyebabkan kesulitan tidur, kemudian kondisi fisik penderita menjadi siaga ketika mereka mengingat ataupun memikirkan trauma yang dialami,” ungkapnya.

Menurutnya, gejala psikis seperti demikian tidak bisa dibiarkan berlarut-larut, maka para korban harus dibantu agar pulih kondisi psikologisnya dari pengalaman traumatis melalui pemulihan trauma (trauma healing).

“Maka untuk mengatasi hal tersebut, saya selaku Kepala Puskesmas Muara Tiga beserta staf mengajak para korban untuk bermain, menyanyi dan bersenda gurau, khususnya anak-anak. Hal ini dapat meringankan tekanan traumatis yang dialami korban,” kata dia.

Untuk itu dilaksanakan terlebih dahulu pembagian uang jajan, makanan ringan untuk anak-anak yg akan mengikuti permainan, dan menjelaskan kesehatan yang harus dijalani selama dalam kondisi terkena bencana. Kegiatan tersebut dikoordinir oleh Kepala Puskesmas, dokter serta staf.

Kepala Puskesmas berharap, dilaksanakannya kegiatan ini dapat melepaskan korban dari perasaan ketakutan dan trauma yang berkepanjangan.

Selain mengadakan trauma healing jajaran puskesmas Muara Tiga juga menyalurkan bantuan secara langsung kepada warga yang terdampak bencana banjir desa Keban Agung. bantuan hasil dari penggalangan dana dari berbagai donatur, diantaranya spk, ikatan Bidan Indonesia, aparatur kesehatan hingga sumber lain.

Baik anak-anak maupun warga sangat antusias menyambut giat yang di adakan oleh Jajaran Puskesmas Muara Tiga.

Caplin Mulak

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater