INFRASTRUKTUR RUSAK, MULAK ULU KRISIS AIR BERSIH

Sabtu, 11-Maret-2023, 08:32


LESUNG BATU – Pasca bencana alam banjir dan tanah longsor di wilayah kabupaten Lahat pada hari kamis 9 Maret 2023 yang lalu menyisahkan beberapa persoalan di tengah-tengah kehidupan bagi warga yang desanya terdampak. seperti halnya beberapa desa dalam kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat yang mengalami krisis air bersih, hal ini disebabkan faktor kerusakan semua infrastruktur air bersih.

Berdasarkan hasil telusur dilapangan beberapa desa yang mengalami kerusakan saluran air bersih diantaranya Desa Air Puar, Lesung Batu, Geramat, Pengentaan, Tebing Tinggi, Muara Tiga dan Padang Masat. desa ini menjadi terdampak atas bencana tanah longsor di area bukit barisan, Sabtu (11/03/2023).

Saat dikonfirmasi awak media Camat Mulak Ulu Elsye Hartuti,S.STP.MM menyampaikan, “untuk data awal ada tujuh desa yang mengalami kerusakan infrstruktur/saluran air bersih. beratnya tingkat kerusakan menyebabkan semua saluran air bersih mati total,”ujar Elsye.

Kita bersama leding sektor terus bersinergitas untuk mendata dan menyusun upaya penangan pasca bencana. kita berusaha agar warga dalam kecamatan Mulak Ulu tidak menglami krisis air bersih. juga menghimbau agar masyarakat di tengah sulitnya keadaan ini tetap berusaha secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan air bersih,”imbau Camat.

Kepala Desa Lesung Batu Kecamatan Mulak Ulu, Radius Prawira yang desanya ikut terdampak bencana tanah longsor mengatakan,”dampak bencana tanah longsor dua hari yang lalu tepat kamis 9 Maret 2023, saluran air bersih rusak berat dan saluran air bersih mati total. posisi sekarang kita mengalami krisis air bersih.

“Kita berharap pemerintah segera melakukan upaya tanggap darurat dengan segera memperbaiki saluran air bersih. mengingat ini kebutuhan dasar yang harus segera terpenuhi agar tidak krisis air. kita tentu mengapresiasi langkah cepat pemerintak kabupaten Lahat yang cepat tanggap dan langsung turun meninjau lokasi desa terdampak. mudah-mudahan semua keadaan yang sulit dapat kembali pulih,” tegasnya.

Sementara itu hingga berita ini ditayangkan wartawan lahatonline belum dapat menghubungi kepala BPBD Kabupaten Lahat, untuk mengkonfirmasi data kerusakan infrastruktur dan langkah tanggap darurat yang telah dilakukan untuk menghindari terjadinya krisis air bersih diwilayah kecamatan Mulak Ulu.

Salah seorang warga terdampak bencana,Ical meminta kepada pemerintah kabupaten Lahat agar segera mengirim bantuan air bersih ke wilayah desa terdampak, mengingat sekarang kita sulit mendapatkan air barsih untuk di konsumsi,”ungkapnya kepada awak media.

Dari pantauan dilapangan masyarakat dalam dua hari ini mulai mengeluhkan sulitnya mendapat air bersih untuk di konsumsi sehari-hari. warga dari tujuh desa terdampak terpaksa mengkonsumsi air hujan untuk bertahan. selain itu warga berharap pemerintah dapat membantu dengan mengirim air bersih.

(SAPLIN)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater