DUKUNG KESEHATAN PEREMPUAN, PKM MUARA TIGA GELAR PEMERIKSAAN IVa TEST

Kamis, 16-Februari-2023, 14:02


MUARA TIGA – Dinas kesehatan Kabupaten Lahat Cq. UPTD Puskesmas Muara Tiga Kecamatan Mulak Ulu kabupaten Lahat menggelar pemeriksaan IVa tes kepada ibu-ibu pasangan usia subur. pemeriksaan bertujuan untuk mendeteksi dini kanker serviks dan kanker payudara bagi perempuan pasangan usia subur (pus). Langkah ini merupakan bentuk komitmen Puskesmas untuk mendukung terciptanya pasangan usia subur yang sehat.

dr.Verra Ancha Perdana yang tergabung dalam tim pemeriksaan IVa tes notabene dokter umum Puskesmas Muara Tiga kepada awak media menyampaikan, “Tes IVA (Inspeksi Visual Asam) bertujuan untuk mencegah sekaligus mendeteksi dini kemungkinan wanita dewasa mengidap penyakit kanker serviks atau leher rahim. Sedangkan pemeriksaan payudara klinis (SADANIS) untuk menghindari termasuk mengetahui kemungkinan terjangkitnya penyakit kanker payudara,” ujarnya.

Menurut Verra, kanker serviks dan kanker payudara merupakan penyumbang terbanyak penyebab kematian perempuan di Indonesia, oleh karenanya deteksi dini pada dua jenis kanker ini amat diperlukan. Berdasarkan laporan Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari World Health Organization (WHO), jumlah kematian akibat kanker di Indonesia mencapai 234.511 orang pada 2020. Ditinjau dari jenisnya, kasus kematian pada kanker payudara sebanyak 22.430 orang (9,6%) dan kanker serviks sebanyak 21.003 kasus (9%).

Deteksi dini terhadap kanker serviks dapat dilakukan dengan tes IVA yang merupakan pemeriksaan skrining kanker serviks dengan pemberian asam asetat atau asam cuka pada leher rahim selama 1 menit. Pemberian asam asetat ini merupakan metode mudah dan murah namun memiliki tingkat akurasi tinggi untuk menyimpulkan hasil pemeriksaan IVA negatif (normal) atau positif (ada lesi pra kanker),”papar verra.

Sementara KUPTD Puskesmas Muara Tiga Darwis,Skm menjelaskan, “kanker payudara dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan rutin seperti Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS). SADARI dapat dilakukan pada rentan hari ke 7-10 setelah hari pertama menstruasi dimana payudara sedang dalam kondisi paling lunak.

“Idealnya skrining kanker serviks wajib dilakukan minimal satu tahun sekali di Unit Fasilitas Kesehatan terdekat,” ungkapnya.

Dari pantauan awak media peserta pemeriksaan merupakan kelompok pasangan usia subur dari desa Lesung Batu kecamatan Mulak Ulu. nampak para peserta sangat antusias mengikuti pemeriksaan IVa test oleh tim medis puskesmas muara tiga.

Caplin

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater