Tuan Rumah Porprov 2023, Lahat Bangun Stadion Mini

di lokasi Ribang Kemambang

Kamis, 2-Februari-2023, 23:59


LAHAT – Kabupaten Lahat akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Se Sumatra Selatan (Porprov) persiapan pun mulai dibangun salah satunya Pengerjaan pembangunan stadion mini di lokasi objek wisata Ribang Kemambang, Kelurahan Bandar Jaya, Kota Lahat, untuk venue cabang olahraga (cabor) sepak bola, atletik dan renang dimulai.

Namun pembangunan di lahan tiga hektar yang sudah dimatangkan itu, rupanya berbeda dengan rencana sebelumnya. Jika sebelumnya venue tiga cabor tersebut berada di satu lokasi, berubah jadi dua lokasi. Vanue cabor renang punya lokasi tersendiri, persis di sebelah stadion mini.

Untuk venue cabor renang, lahan milik Pemkab Lahat yang digunakan seluas satu hektar.

Sementara ada 10 kontraktor di bawah naungan PTBA selaku penanggung jawab pembangunan stadion mini dan venue cabor renang, sudah memantau langsung lokasi.

Rencananya, venue cabor renang itu akan miliki tribun, miliki ruang ganti, kolam berukuran 75 meter x 70 meter, dan sejumlah fasilitas penunjang lainnya.

“Lead time pengerjaannya sebenarnya tujuh bulan, tapi kita optimis pengerjaannya selesai sebelum itu,” tegas Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Lahat, Ir Herman Oemar, kepada awak media, dilokasi pembangunan stadion mini dan kolam renang bersama pihak PTBA, Rabu (1/2/2023).

Sedangkan untuk stadion mini, masih seperti rencana sebelumnya. Hanya saja, dengan tidak gabungnya lagi venue renang, area kosong tersebut bisa dimanfaatkan untuk para pelaku UMKM dan parkir kendaraan penonton di stadinon mini. Untuk ilustrasinya, lapangan venue sepak bola dan atletik tersebut akan dibangun berstandar nasional. “Progres pencapaian akan sering dievaluasi, dengan begitu progres kesiapannya bisa terlihat. Untuk pengerjaannya, pemerintah daerah tidak terlibat. Pemkab Lahat hanya berperan lakukan pemantauan dan berikan arahan ,” ujanya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Lahat, Mirza Azhari,ST menjelaskan terkait mobilisasi alat berat dan angkutan material, diperbolehkan melintasi jalan kota. Karena, proyek pembangunan stadion mini dan venue renang tersebut harus dikejar. Jika pun jalan kabupaten nantinya ada yang alami kerusakan, ada dispensasi untuk para kontraktor yang lakukan pengerjaan.

“Jalan kabupaten ini berkelas 3B, dengan maksimal tonase 12 ton. Untuk mobilisasi material pembangunan, diperkirakan cukup kuat ubtuk menampung tonase angkutan material. Kalau kita, fleksibel saja soal jalan, yang penting pembangunan cepat selesai. Kepada masyarakat, kita pinta juga bisa memaklumi,” tutupnya

(BMD)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater