Wujudkan WBK, Lapas Kelas IIA Lahat MOU dengan Aparat Penegak Hukum dan Stakeholder

Selasa, 31-Januari-2023, 14:41


Lahat — Bertempat di aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat, Selasa (31/01/2023) Sekira pukul 10. 45 Wib di laksanakan penandatanganan kerjasama dengan aparat penegak hukum dengan stake holder.dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat.

Tampak dalam kegiatan Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya beserta jajarannya, Kalapas Lahat Imam Purwanto dan jajaran, Kabapas Lahat Perimansyah S.Sos, Wabup Lahat Haryanto SE MM, Kalapas Muara Enim Kejari Lahat yang di Wakili Pidsus Raden SH, Kapolres Lahat diwakili Waka Polres Lahat Kompol Feby Febyana Sik Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP, Kepala Pengadilan Negeri Lahat Renaldo Meiji Hasoloan Tobing SH MH, Kepala Pengadilan Agama Lahat,
Kakamenag Lahat Drs Rusidy Ja’far, Kabag hukum Setda Lahat Aries Toteles SH, Dan Dodikjur , Dan Secata, Dan Secaba, Kepala BNN Kota Pagaralam, Kasat Pol PP Lahat Heri Kurniawan SSTP, Kadis Naker Lahat diwakili Sekretaris Miharta, Kaban Kesbangpol Lahat Hendri, Kadinsos Lahat di wakili Sekretaris Budi Utama, Kadis PPPA, Kalapas Pagaralam, Kalapas Muara Enim, Kalapas Empat Lawang, Kalapas Lubuk Linggau, Kepala Imigrasi Muara Enim, Kadis PPPA Nurlela S.Ag, dan undangan lainnya.

Kegiatan di mulai dengan Sambutan tarian oleh warga binaan perempuan dari Lapas kelas IIA Lahat. Pembacaan doa dan dilanjutkan Penandatanganan perjanjian Kerjasama dengan aparat penegak hukum dengan stake holder.dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat yang di saksikan Wabup Lahat Haryanto SE MM dan Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya.

Kalapas Lahat Kemenkumham Sumsel Imam Purwanto Bc.IP. SH.MH mengatakan Terimakasih kepada semua rekan rekan yang telah hadir dalam rangka perjanjian kerjasama pada hari ini, penandatanganan perjanjian kerjasama dengan aparat penegak hukum dengan stake holder dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat, yang semula akan di laksanakan hari Senin kemarin tapi karena sesuatu hal di laksanakan hari ini .

“Untuk warga binaan di Lapas kelas IIA Lahat saat ini berjumlah 527 orang diantara Anak anak 14 orang Alhamdulillah semua sehat walafiat. Kegiatan ini salah satu bentuk untuk mewujudkan Zona Integritas WBK di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat dan melengkapi program hukum yang akan kami laksanakan kedepannya.Terkahir nanti di akhir kegiatan Kakanwil Kemenkumham Sumsel juga akan meresmikan Blok Anak di Lapas kelas IIA Lahat,” ucapnya.

Bupati Lahat Cik Ujang SH yang diwakili Wabup Lahat Haryanto SE MM mengatakan
Melalui kegiatan ini kita wujudkan akses terhadap keadilan dan kesamaan di depan hukum bagi seluruh masyarakat, dengan menjamin hak warga negara Republik Indonesia sebagai mana tercantum dalam konstitusi UUD 1945. Di harapkan jaminan terhadap hak konstitusional setiap orang untuk mendapatkan pengakuan jaminan perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum dapat dilaksanakan lebih baik lagi .

Disampaikannya, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Pemerintahan sebagaimana kita maklumi bersama akhir-akhir ini, banyak permasalahan-permasalahan hukum dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Lahat yang harus mendapat perhatian khusus seperti masalah pajak, retribusi, royalti, pengadaan barang dan jasa serta masalah Aset Daerah yang tidak dapat dikuasai oleh Pemerintah Daerah termasuk penegak kewibawaan Pemerintah. Hal ini dimungkinkan karena kurangnya pengetahuan dan kewenangan Aparatur Pemerintah dalam menindaklanjutinya sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.

“Harapan kami, dengan adanya kerjasama ini dapat terjalin hubungan yang harmonis dengan Aparatur Penegak Hukum dan Stakeholder lainnya”, tutupnya.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya mengatakan Terimakasih kepada Pemkab Lahat yang telah merespon baik dalam penandatanganan kerjasama ini .

Tadi kita melaksanakan penandatanganan 12 MOU, kuncinya sebenarnya hanya satu dar semuanya prinsipnya di Pemasyarakatan itu tidak boleh narapidana dan tahanan itu masuk lebih jelek sebelum dia, yang artinya kalau dia masuk jelek saat dia keluar harus bagus, dan negara harus adil,” katanya.

Kegiatan di lanjutkan Peresmian blok anak anak di Lapas kelas IIA Lahat oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya Didampingi Forkompimda kabupaten Lahat.
(EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater