Ada Sumber Mata Air, Tapi Belum Bisa di Manfaatkan Untuk Warga Talang Baru

Selasa, 25-Oktober-2022, 07:35


Lahatonline.com, PAJAR BULAN – Desa Talang Baru, Kecamatan Pajar Bulan terletak di kawasan perkebunan kopi warga Kecamatan Pajar Bulan. Tepatnya di perbukitan yang dikelilingi lereng-lereng perbatasan Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam.

Hingga saat ini Desa yang dihuni sekira 110 Kepala Keluarga itu, masih mengalami kekurangan air, terutama untuk mengairi perkebunan. Sementara ada beberapa sumber mata air (ulu tulung) yang terdapat di Desa ini.
Karena belum dilakukan perpipahan dan bisa dimanfaatkan secara maksimal, warga di Desa ini melalui Pemerintahan Desa Talang Baru, Kecamatan Pajar Bulan. Berharap Pemkab Lahat dan Provinsi melalui Dinas Perkebunan bersedia menganggarkan untuk perpipahan, sebagai penunjang kesejahteraan di Desa yang warganya mayoritas menguhi rumah berbentuk dangau yang masih sederhana itu.

“Dengan potensi sumber mata air, kami mengusulkan kepada Pemerintah untuk perpipahan seperti didaerah lain,”kata Sundri Kepala Desa Talang Baru, Kecamatan Pajar Bulan, Selasa (25/10/2022)

Sundri juga mengatakan atas nama masyarakat, karena di Desa yang ia pimpin termasuk daerah tadah hujan. Ada beberapa sumber mata air lagi perlu pembangunan seperti bendungan kecil

“Di lembah Desa ini juga ada sumber mata air untuk dibuat embung (bendungan kecil), melihat anggaran untuk Desa kecil, harapan kami hanya kepada pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat,”ujarnya. (Ind)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater