BUPATI LAHAT TANAM SAWIT LAUCHING PSR KUD SUBUR MAKMUR MARGA MULYA 

Senin, 10-Oktober-2022, 20:20


MARGA MULYA- Bertempat di blok A di adakan acara lauching program sawit rakyat (PSR) dan tanam bersama sawit yang terletak di SP 2 bumi lampung desa Marga Mulya kecamatan Kikim timur kabupaten lahat.

Adapun tanam sawit rakyat, bibit sawit program peremajaan sawit rakyat koprasi unit desa (KUD) subur makmur marga Mulya kecamatan Kikim timur kabupaten lahat, di hadiri oleh Ir Herman uwas (tim percepatan peremajaan)
Bupati lahat Bpk Cik ujang, ketua TP PKK ibu Lidiawati Cik ujang, Kadisbun perkebunan kab lahat ibu Vivi angraini SSTP, MSC, tim BPN kab lahat, camat Kikim timur, seluruh kepala desa sekikim timur, seluruh ibu PKK sekikim timur, seluruh KUD sekikim timur, Bpk Letkol Infantri Toni Oki Priyono, Kapolres, Kapolsek, Kikim timur, pimpinan Bank Sumsel Babel, Para petani sawit, tokoh adat tokoh agama, tokoh masyarakat, unsur masyarakat dan masyarakat.

Saat di konfirmasi ketua pelaksana KANDOK selaku ketua KUD subur makmur Marga Mulya didampingi oleh PRANCIS dan URIB ARI UTOMO dirinya menerangkan” Pada hari ini kita melaksanakan agenda tanam bersama dan louching aplikasi PSR di KUD subur makmur tanam bersama ini adalah di subur makmur yang kedua, karena kita sudah melaksanakan PSR di tahap 1 dan di tahap 2 sekarang ini sedang berlangsung hampir selesai 10 persen,” terangnya, Senin (10/10/22).

Dengan tujuannya agar petani lebih semangat lagi untuk mengikuti program PSR karena bantuan pemerintah ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan taraf hidup khususnya petani sawit yang ada di Kikim timur ini agar lebih sejahtera, ” ungkapnya.

Bantuan berupa dana hiba sebesar 30 juta Perhektar untuk kelembagaan petani yang ikut dalam kelembagaan baik itu KUD maupun kelompok tani, untuk kelompok tani memang ada bantuan khusus dari dinas perkebunan lahat untuk kelompok tani yang ada di sekitar kami.
Dan dari Pemerintah Kadisbun perkebunan kab lahat, juga memberikan bantuan berupa bibit sawit dengan
jumlah 927 batang bibit sawit.” Ujarnya.

” Pesannya untuk para petani sawit yang produksinya sudah menurun artinya bibitnya mungkin tidak sesuai dengan standar atau produksinya tidak sesuai dengan yang di inginkan biasanya ketika setahun tidak mencapai 14 ton Perhektar sebaiknya di reflanting saja. Pemerintah sudah memfasilitasi reflanting ini baik yang memasuki reflanting umur 25 tahun atau pun sawit yang bibitnya abal-abal atau tidak produktif. tadi kita di hadiri oleh bapak bupati tanam bersama di fasilitasi oleh dinas perkebunan, ” tambah ketua pelaksana.

Sementara Bpk Bupati lahat CIK UJANG SH, menuturkan” program sawit rakyat (PSR) memang program pemerintah dari pusat ke daerah dan pemerintah kabupaten lahat sangat antusias karena bisa membantu masyarakat kita, yang di desa-desa terpencil kita nantikan dari bibit penanamannya, insyaa Allah yang penting masyarakatnya berkordinasi dan bersinargi dengan pemerintah kabupaten lahat insyaa allah, ada bantuan-bantuan kita nantikan ke masyarakat yang ada di daerah-daerah saya minta penanam sawit di Marga Mulya ini sejahtera dan bercahaya, ” tutur, Bupati lahat.

Selanjutnya kepala desa Marga Mulya EDI SUMANTO SE ia menyampaikan” Alhamdulillah di marga Mulya penanaman atau reflanting berkembang sekarang sudah tahap kedua dan hari ini langsung bapak bupati lahat, melaksanakan penanaman kelapa sawit di kebun rakyat desa Marga Mulya, harapannya mudah-mudahan masyarakat lebih semangat lagi untuk berkebun kelapa sawit sehingga sawit di Marga Mulya akan lebih baik kedepannya, ” jelas kades.

Kemudian di lanjutkan perlombaan lomba Nasi tumpeng dan peresmian gedung serba guna atau gedung rakyat.

Gedung rakyat di resmikan oleh bapak Bupati lahat dan lomba nasi tumpeng yang di ikuti oleh ibu PKK sekikim timur di menangkan oleh:

Juara 1. Marga Mulya dengan nilai 81,25.
Juara 2. Cempaka sakti dengan nilai 80.
Juara 3. Kencana sari dengan nilai 77,55.
Dan juara Harapan yaitu:
Juara 1. Purwarejo dengan nilai 77,50.
Juara 2. Bungamas dengan nilai 76,25.
Juara 3. Gunung kembang dengan nilai 75.

Demikianlah acara di tutup dengan kesenian kuda lumping Marga Mulya.

(TERIMO/LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Jumat, 16-Februari-2024 - 21:44

Gardu Tower Muara Tiga Dilalap Sijago Merah

selengkapnya..

LAHAT - Rabu, 14-Februari-2024 - 15:40

Diduga Satu ASN Tidak Jaga Netralitas 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater