RUTINITAS SMP NEGERI 1 MU GELAR UPACARA PENGIBARAN BENDERA 

Senin, 5-September-2022, 08:51


DATAR BALAM – Sekolah Pertama Negeri 1 Mulak Ulu mengadakan rutinitas dengan menggelar upacara pengibaran bendera sang merah putih setiap hari senin pagi. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Upacara diikuti oleh seluruh Guru, Pegawai, dan siswa/siswi smp negeri 1 Mulak Ulu, Selain meningkatkan kedisiplinan, upacara bendera merupakan kewajiban bagi siswa untuk lebih menumbuhkan semangat kebangsaan.Senin (05/09/2022).

Kepala Sekolah smpn 1 Mulak Ulu Rusman Efendi,S.Ag selaku pembina upacara dalam kata sambutannya mengatakan, “kepada siswa/i agar menjaga disiplin baik didalam maupun luar sekolah. pedulu kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. kedepan sekolah akan menggelar lomba kelas terbersih dan rafi, sekolah akan memberikan hadia kepada kelas terbersih dan rapi. bapak senang dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler yang kian aktif. ciri-ciri anak pelajar selalu tertib,”ujar kepalah sekolah.

Menurut Rusman, upacara sebenarnya menjadi bagian dari interaksi edukatif. Upacara juga menjadi instrumen atau alat yang cukup efektif untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai tertentu serta upaya mengaktualkan potensi. Dalam upacara bendera sederet acara digelar yang semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme.
Upacara bendera mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya.

Apa yang kita rasakan pada saat pengibaran bendera, tentunya hati anda akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya. Di sanalah terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Upacara bendera mengajarkan kepada kita tentang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat para peserta upacara mengenal akan sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme.

“Siswa smp negeri 1 Mulak Ulu harus menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, selalu melaksanakan ikrar peserta didik selalu menaati peraturan sekolah dan menjalankan ibadah dengan sempurna.” tandas Beliau

Manfaat melaksanakan kegiatan upacara bendera tersebut, dapat disimpulkan bahwa jika mengikuti upacara bendera setiap hari senin dan hari besar nasional maka menumbuhkan kepribadian lebih baik dari sebelumnya.

Tanpa sadar kepribadian yang baik akan dibentuk jika kita menghayati pelaksanaan upacara bendera dengan khidmat,”tutup kepala sekolah.

Pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih sekolah menengah pertama negeri 1 Mulak Ulu berlangsung tertib, lancar dan khidmat.

Caplin

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Jumat, 16-Februari-2024 - 21:44

Gardu Tower Muara Tiga Dilalap Sijago Merah

selengkapnya..

LAHAT - Rabu, 14-Februari-2024 - 15:40

Diduga Satu ASN Tidak Jaga Netralitas 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater