WARGA GELUMBANG PANEN RAYA BUAH DURIAN

Senin, 15-Agustus-2022, 22:27


GELUMBANG- hari ini warga panen buah raya durian bertempat desa gelumbang kecamatan Kikim timur kabupaten lahat.

Adapun warga menjual kepada penampung buah durian seharga Rp 12.000 ribu, Per buah yang besar jika yang kecil dua menjadi satu, adapun yang tidak laku ataupun pecah di manfaatkan warga di buat tempoyak.

Menurut YULI selaku petani durian warga setempat ia membeberkan “Durian yang tidak laku di jual kita bikin tempoyak bikin dodol Durian yang dak laku durian yang kecil-kecil yang belah-belah, di sini musim durian dan musim manggis, tempoyak di jual bisa sehari kadang-kadang bisa dapat 5 kg tempoyaknya kalau banyak dapat duriann bisa lebih banyak dapat tempoyaknya. Sekarang harga tempoyak lebih murah cuma Rp 20 satu kilo tapi kalo sebentar lagi bisa naik bisa mencapai 50 satu kilonya, kalau bikin tempoyak yang bagus kalau dak bagus dak enak tapi yang kecil yang pecah-pecah, “bebernya, Senin (15/8/22).

Sementara DEPI APRIANTO selaku kades gelumbang dirinya menuturkan ” Alhamdulillah saat ini masyarakat desa gelumbang hari ini sedang panen raya sudah beberapa minggu panen duren di gelumbang ini terdiri dari 137 KK nyaris 65 persen masyarakat gelumbang mempunyai kebun duren yang hektarnya mencapai puluhan hektar sampai saat ini merupakan minggu ke 3 panen duren yang ada di desa gelumbang perhari bisa menghasilkan minimal 6000 sampai 100000 duren yang bisa keluar di exsfor ke kota palembang, jakarta dan lain sebagainya oleh pengepok-pengepok atau bandar-bandar duren di desa gelumbang, seperti yang kita lihat sekarang ini pengumpul duren yang ada di desa gelumbang yang notabennya beliau merupakan pemain juga yang sudah menusantara salah satunya bapak Ramang untuk di wilayah sumatra selatan wilayah kikim beliau merupakan pengepok buah terbesar yang ada di kecamatan kikim,” tuturnya.

” untuk saat ini Secara kebetulan memang duren yang ada di desa kita ini panennya memang hasil jatuh sendiri bukan di panjat atau di naik makanya untuk mutunya alhamdulullah di banding dengan wilayah lain duren kita cukup memadai makanya untuk pemilih yang belanja duren tidak ada henti-hentinya setiap hari kita kirim buah ke daerah-daerah yang selama ini kita tuju palembang, jakarta dan lain sebagainya. Alhamdulillah jikalau datangnya musim duren masyarakat desa gelumbang khususnya saat ini alhamdulillah secara ekonomi walaupun tidak berkelebihan sudah agak mencukupi tidak terkendala masalah ekonomi berkenaan di saat musim duren, kegiatan ada yang tengkulak, ada yang tukang angkut yang langsung ke kebun duren punya petani, ” pungkas kades.

Ditemui salah satu penampung pembeli buah durian MARLIANSYAH mengatakan “
Ado sekitar 1000 buah kita ngirim ada yang ke palembang, jakarta, jambi, dan sebagainya. Kita exsfor keluar daerah agar dapat duit, kwalitasnya bagus buah durennya Karna panen jatuh sendiri, kalau musim duren kita setiap hari ngirim kadang-kadang 4 atau Samapi 5 mobil tanggapan orang luar terhadap duren kita katanya bagus, ” ungkapnya.

(TERIMO/LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater