Dampak Covid-19, Harga TBS sawit Lesu

Minggu, 17-Mei-2020, 19:09


LAHATONLINE, MEKAR JAYA – Petani kelapa sawit sedikit Lesu, Iantaran sebulan terakhir harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit terus anjlok Sebelumnya harga berada dibawah Rp 1.700 perkilogram, saat ini sudah berada diangka Rp 900 Namun berbanding terbalik dengan harga karet yang tak menentu, Minggu (17/5)

“Tergantung lokasi kebun karena biaya angkut. Paling tinggi Rp 500,” kata Budi toke TBS kelapa sawit di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Kikim Barat, Lahat.

Namun kualitas TBS juga ikut menentukan harga. Untuk kualitas A, harga Rp900 perkilogram, sedangkan kualitas B hanya Rp 8500.

penurunan harga juga cukup membuat petani lesu di tambah situasi dan kondisi covid-19 sebab hasil panen dalam keadaan tidak normal Menurut Budi , saat ini TBS yang dihasilkan 1 ton perhektar, dengan harga terus merangkak turun.

“Sekitar sebulan lagi penen akan berkurang. Saat ini harga dipabrik mencapai Rp 1.200 perkilo,” jelas.

Sementara itu salah satu petani sawit desa Mekar jaya Malik mengatakan sebagai petani sawit mengharapkan harga sawit harus tetap setabil agar petani sawit seperti kami ini bisa bersemangat dalam menjalankan dan merawat kebun kelapa sawit”

” Kami minta harga tetap setabil dengan harga Rp 1.700 atau lebih dari itu kami sangat mengharapakan karna kebanyakan masyarakat sekarang ini bergantung pada hasil kebun sawit” ungkapnya (AL)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater