Kepala BPMDes Lahat, Himbau Kepala Desa Jangan Mempersulit Warga Penerima BLT

Kamis, 30-April-2020, 15:44


LAHAT – Untuk memutuskan memberikan bantuan BLT kepad masyarakat desa selama Pendemi Covid-19. Anggarannya diambil dari alokasi dana desa, Kamis, (30/04/20)

Kepala Dinas BPMDes Ekman Mulyadi, S.Sos mengatakan, penyaluran BLT dana desa kepada 12.3 juta kepala Keluarga (KK) di seluruh indonesia. Besaran manfaat yang diterima Rp 600.000 per KK per bulan selama tiga bulan dimulai.

“Dalam menentukan keluarga penerima BLT dana desa, Kata Ekman Mulyadi, juga tidak menggunakan kiteria yang ditetapkan dalam PKH.

“Jadi kiteria utama adalah kehilangan mata pencarian. Bisa dicek DTKS, kalau nama dia ada, dicek sudah dapat belum dia pasti dapat, kalau jelas kehilangan mata pencaharian”, Ujarnya

Misal dia sopir, terus tutup karena PSBB tabungan tidak mungkin, tukang batu, kuli bangunan, itu semua kehilangan mata pencaharian, itu ada hak untuk dapat BLT dana desa,” Tambahnya

Pemerintah memastikan masyarakat desa yang tidak memiliki nomor induk kependudukan (NIK /KTP) tetap bisa mendapatkan BLT dana desa. Setiap warga desa yang mendapatkan BLT dana desa akan merujuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS).

Data tersebut untuk mengetahui masyarakat tersebut sudah mendapat bantuan Sosial (Bansos) atau belum. Pasalnya sudah banyak masyarakat kelompok miskin yang tercover program perlindungan sosial seperti PKH, kartu sembako, dan lainnya.

Maka itu saya menghimbau setiap kepla Desa jangan mempersulit pencairan dan penyaluran BLT dana desa di wilayahnya masing-masing. Karena ini sudah urusan kemanusian agar menempatkan urusan kemanusian di atas segalanya. Agar tidak ada upaya untuk melaakukan atau mempersulit urusan kemanusian, apalagi ini di bulan Ramadhan”, Ungkapnya (Tahrim)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater