Layak Dicontoh, Kades Ini Relakan Gajinya Selama 3 Bulan Untuk Bantu Warga

Bantuan di Tengah Ancaman Covid-19

Kamis, 9-April-2020, 16:02


Lahat – Untuk membantu warga desanya yang kurang mampu dalam menghadapi ancaman Covid-19, Kepala Desa Gunung Agung, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, Dapit Apriansyah, membagikan beras kepada 260 kepala keluarga (KK) di desanya. Demi berlangsungnya kegiatan bantuan ini, kepala desa berusia 38 tahun ini merelakan gaji tri wulannya untuk dibelanjakan beras bantuan dan masker.

Dalam pembagian beras ini, setiap KK mendapatkan beras sebanyak 5 KG yang dilakukan dengan 2 tahapan. Tahapan pertama 200 KK dan hari ini tahapan keduan untuk 60 KK. Tidak hanya sampai di situ, Dapit Ardiansyah juga membagikan ratusan masker yang diperuntukkan bagi perangkat desa, tim kesehatan desa, dan warga.

Menurut Dapit (panggilannya) kegiatan pembagian beras dilakukannya karena memang murni untuk membantu warga dalam menghadapi ancaman Covid-19.

“Hati saya tergerak untuk melakukan kegiatan ini, agar keluarga yang berpenghasilan rendah di desa saya bisa terbantu di tengah ancaman Covid-19. Sumber bantuan ini dari gaji saya sendiri. Sudah saya koordinasikan dengan istri, Alhamdulillah dia juga mendukung niatan ini,” ucap Dapit Ardiansyah, saat dijumpai di kediamannya. Kamis (09/04/2020).

Lebih lanjut, Dapit berharap dengan apa yang dilakukannya hari ini, bisa menggerakkan nurani orang-orang golongan berada untuk bisa saling berbagi di tengah kondisi saat ini.

“Sebagaimana kita lihat saat ini, masyarakat mulai melakukan Stay at Home. Jadi untuk yang berpenghasilan rendah menjadi sebuah masalah tersendiri. Semoga teman-teman lainnya bisa tergerak untuk melakukan hal serupa,” tambahnya lagi.

Atas bantuan ini, warga Desa Gunung Agung merasa sangat berterima kasih kepada kepala desa mereka. Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang warga, Halimah (66) yang merasa sangat terbantukan atas apa yang dilakukan kepala desa mereka.

“Alhamdulillah, terima kasih untuk Pak Kades. Di tengah kesulitan kami dalam mencari nafkah di saat ancaman Virus Corona, Pak Kades sudah rela berkorban untuk membantu kami. Semoga apa yang dilakukan oleh Pak Kades menjadi amal pahala yang dicatatkan Yang Maha Kuasa,” ucanya terharu.

Apa yang dilakukan oleh Kepala Desa Gunung Agung semestinya dapat menginspirasi kepala desa lain atau pejabat lainnya. Salah satu sisi lain dari ancaman wabah yang melanda adalah bagaimana kita bisa berbagi dan mempererat persatuan.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater