RESES DPRD ADALAH FORUM URUN REMBUK DENGAN MASYARAKAT

RESES BUKAN UNTUK MENCERAMAHI MASYARAKAT, NAMUN UNTUK MEMBAHAS RENCANA PEMBANGUNAN

Kamis, 12-Maret-2020, 09:18


LAHAT – Pengamat politik dan pemerintaham Drs.H.Ahmad Subardi Akbar mengatakan bahwa RESES yang dilakukan oleh anggota DPRD adalah kunjungan anggota dewan kepada konstituen untuk melakukan urun rembuk dalam rangka menampung aspirasi.

Ketika dibincangi dikediamannya ( 12/3/2020) Subardi menjelaskan bahwa Reses adalah kewajiban perseorangan anggota dewan untuk menampung aspirasi rakyat yang akan diperjuangkan untuk direalisasikan di APBD Kabupaten, katanya.

Oleh karna itu pelaksanaan reses harus bersifat urun rembuk antara DPRD dengan masyarakat sehingga dapat diinfentarisis kebutuhan rakyat yang sesungguhnya,katanya.

Tentu hasil dari urun rembuk tersebut akan muncul berbagai usulan masyarakat, banyaknya usulan masyarakat bukanlah persolan, akan tetapi harus diinventarisir dan direalisasikan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, katanya.

Artinya kehadiran anggota dewan ketemu masyarakat pada saat reses bukanlah untuk memberikan ceramah, akan tetapi berembuk tentang apa saja yang menjadi kebutuhan prioritas masyarakat, jika tidak terjadi urun rembuk itu bukanlah reses, katanya.

Sesungguhnya anggota DPRD yang melakukan reses tidak perlu sibuk sibuk membawa usulan ke pemerintah daerah Kabupaten, yang lebih efektif hasil reses itu dimasukkan di usulan Kecamatan, sehingga singkron antara usulan Kecamtan dengan hasil reses DPRD, Katanya.

Maka DPRD tinggal mengawal hasil reses yang sudah dikemas dalam usulan Kecamatan sampai pembahasan antara TAPD dan Banggar DPRD, Katanya.

Dengan begitu maka hasil reses DPRD akak singkron dengan hasil musrendes, Musrencam, sehingga pembangunan akan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat, katanya.( HEN).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater