Tiga Galian C Manual di Desa Kuba Tidak Ada Izin

Salah Satunya Milik Mantan Kades Kuba

Sabtu, 7-Maret-2020, 20:32


LAHAT ONLINE, KUBA – Ada tiga galian C manual yang beroperasi di Desa Kuba Kecamatan Pulau Pinang. Namun nyatanya ketiga galian C tersebut tak ada izin dari Pemerintah Desa setempat, Sabtu (7/3).

Ketiga galian C manual tersebut atas nama Erna, Sigit dan Sepran, yang tak lain merupakan mantan Kepala Desa (Kades) Kuba, yang letaknya saling berdekatan.

Saat dikunjungi di lokasi galian C, Sepran mengatakan bahwa galian C manual tidak membutuhkan izin dari Kades, seperti halnya saat dirinya menjabat.

“Justru galian C ini membantu masyarakat sekitar, karena dapat mencari nafkah disini,” ujarnya sembari langsung pergi meninggalkan awak media.

Kendati alasanya membantu masyarakat sekitar, namun nyatanya batu yang susah payah dicari dan mempertaruhkan nyawa oleh masyarakat hanya dibeli 70ribu per kubik, sedangkan tuan pangkalan menjual 110ribu.

Lebih lanjut, UPTD Pertambangan Regional Lahat mengatakan memang galian C manual tidak membutuhkan izin dari mereka, kecuali menggunakan alat berat.

Sementara itu, Kades Kuba, Jahirul mengatakan selama jalan 4 bulan dirinya menjabat sebagai Kades, ketiga pemilik galian C manual tersebut tidak pernah datang ketempatnya untuk meminta izin, baik melalui lisan, apalagi tulisan.

“Pada hal jika ada apa apa di galian C itu, kami Pemerintah Desa juga ikut terlibat. Jangankan memberikan kontribusi ke desa, izin saja tidak,” katanya. (Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater