MEGALITH DESA SINJAR BULAN BERNAMA BATU NEK AMBING/ BATU BATERI

Sabtu, 22-Februari-2020, 16:18


Lahatonline.com.- Desa Sinjar Bulan Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat ternyata menyimpan kekayaan peninggalan zaman purba, salah satunya Situs Megalithb Batu nek nambing/Batu beteri yang di perikarakan suda 18 abad, Sabtu, (22/02/20)

Kepala Desa Sinjar Bulan Nanik Diarti, S.Pdi mengatakan, bahwa Situs Megalith ini akan kami jadikan sebagai Icon wisatawan Desa Sinjar Bulan.

“Kawasan Megalith berada di areal dusun dekat pemukiman masayarakat. Megalith Batu nek ambing/Batu bateri sudah di klaim oleh cagar budaya Nasional,”Ujar kepala Desa Nanik Diarti.

“Pemerintah Desa berharap ada bantuan dari Pemerintah daerah ,Provinsi dan Pusat untuk melestarikan dan mengenalkan Icon wista Megalith desa sinjar bulan ke berbagai daerah di lura kota Lahat.

Lanjut Nanik, Situs Megalith tersebut memiliki berbagai mencam bentuk. Dipercaya hal itu memiliki nilai histori sejarah pada masanya”,Ungkapnya

Selanjutnya Kepala Dianas BPMDes Ekman Mulyadi, S.Sos saat berkunjung Kedesa Sinjar Bulan beberapa waktu lalu, mengungkapkan, Megalith yang ada di sini harus kita jaga, di Kabupaten Lahat ada 22 kecamatan Lahat yang mempunyai Icon wisata Megalith”,Ucapnya

“Pada Tahun 2012, Museum Rekor Indonesia (Muri) memberikan penghargaan kepada Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, sebagai daerah paling banyak penemuan situs megalit.
Tercatat di Dinas Pariwisata Lahat dan Balai Arkeologi dan BP3 Jambi, 1.000 megalit yang ditemukan di kabupaten yang terbentuk sejak 1830″,Pungkasnya

(TAHRIM)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater