Musdes Menggali Rencana Pembangunan Dana Desa

Desa Pagar Ruyung Akomodir Usulan Masyarakat

Rabu, 15-Januari-2020, 20:52


Pagar Ruyung, Lahatonline.com – Persiapan pembangunan bersumber dari Dana Desa (DD) di desa Pagar Ruyung kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat tahun 2020 dilaksanakan dengan mengakomodir usulan dan partisipasi masyarakat.

Musyawarah desa (Mudes) Ar Rahman dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat desa ini, menurut Atra Muliadi, Kepala Desa Pagar Ruyung, Musdes ini penting dalam menggalang usulan dari masyarakat.

“Beberapa item telah disepakati untuk diusulkan, terutama kegiatan yang berkaitan dengan kebutuhan warga. Diantaranya pembangunam Tembok Penahan Tanah (TPT), Jalan Usaha Tani (JUT),” terang Atra, Rabu (15/1/2020).

Dalam musyawarah ini juga bisa dilakukan penambahan usulan kegiatan yang belum tercover pada dokumen perencanaan. Yang menjadi perhatian adalah keberpihakan ke bidang pertanian, sebab hal ini terkait dengan hajat kehidupan mayoritas percaharian di desa.

Camat Kota Agung, Marsi SE MM, berharap urung rembuk perencanaan pembagunan yang bersumber dari Dana Desa (DD) bisa maksimal mengakomodir usulan semua pihak yang ada di desa.

“Selain itu, musdes ini bagian dari transparansi pengelolaan dana pembangunan desa, karena selain dari DD ada sumber lain yang bisa digunakan. Ada Alokasi Dana Desa, bagi hasil pajak,” harap Marsi.

Selanjutnya kata Marsi, pendanaan yang ada merupakan hak semua warga. Semua sektor bisa dibiayai, baik itu pemuda, perempuan dan yang lain. Yang tak kalah pentingnya adalah sisi pemberdayaannya tak boleh ditinggalkan.

“Dalam pelaksanaan, tentu butuh pengawasan dari semua masyarakat yang ada. Jadi warga punya hak untuk mengawasi,” pungkas Marsi.

Penulis : Indi | Editor : Indi

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater