Mahasiswa Sumsel di Sumbar Peduli Jeme Kite Korban Banjir Bandang Lahat

Berharap Pemerintah Berikan Solusi

Minggu, 12-Januari-2020, 23:06


Padang – Forum Komunikasi Pelajar Mahasiswa Sumatera Selatan di Sumatera Barat ( FKPMSS Sumbar) melakukan aksi penggalangan dana guna membantu korban banjir bandang di kab. Lahat Sumatera Selatan. Minggu,(12/01/2020).

Dalam sepekan ini terjadi 2 kali banjir, namun pada kamis, 09/01/2020 intensitas curah hujan dan jam hujan tinggi secara menyeluruh di Kab. Lahat. Menurut salah satu warga bahwa hujan deras dimulai sejak pukul 02.00 wib – 09.20 wib. Akibat hal tersebut volume limpasan air hujan sangat tinggi dan menyebabkan sungai tidak dapat menampung air sehingga meluap ke pemukiman warga.

Puluhan mahasiswa yang berasal dari sumatera selatan ini tergabung dalam FKPMSS Sumbar merasa perihatin melihat kondisi 15 desa yang mengalami banjir bandang di Kab. Lahat. Oleh sebab itu mereka melakukan aksi penggalangan dana yang nantinya akan dikirimkan ke posko bencana yang ada dilokasi.

“Kami sangat berduka atas musibah yang menimpa keluarga kami yang ada di Lahat. Semoga dibalik bencana ini terdapat hikmah bagi kita. Kami turut berduka dan akan mekakukan penggalangan dana untuk membantu para korban banjir. Walaupun aksi kami tidak terlalu besar namun kami berharap akan dapat sedikit membantu korban banjir”. ujar M. Nofian, ketua pelaksana penggalangan dana. (Minggu, 12/01/2020).

“Banyak mahasiswa di Sumbar berasal dari kab. Lahat, dan semua tergabung dalam FKPMSS Sumbar. Termasuk saya juga berasal dari Lahat yang tepatnya di desa Sukajadi kec. Pseksu. Jangankan Lahat yang terkena musibah banjir, banjir bandang di Solok Selatan akhir Desember 2019 lalupun mahasiswa Sumsel di Sumbar juga ikut penggalangan dana dan bahkan turun ke lokasi banjir untuk menyalurkan bantuan. Kita akan gerakan mahasiswa sumsel di Sumbar untuk peduli banjir bandang Lahat. Sambung Armando DP, selaku ketua FKPMSS Sumbar.

Menurut Armando, pemerintah desa ataupun kabupaten harus turun tangan menganalisis faktor-faktor penyebab banjir bandang yang berulang terjadi. Sebab, terdapat banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut selain curah hujan dan jam hujan yang tinggi. Semua dapat di analisa dan diantisipasi sebelum terjadi. Solusi dari faktor-faktor penyebab nantinya akan menjadi harapan bagi masyarakat desa yang sering mengalami banjir bandang.

Aksi penggalangan dana dimulai tanggal 11/01/2020 – 13/01/2020 yang dilakukan di Jl. Khatib Sulaiman Kota Padang. Kegiatan dilakukan sore hari mulai pukul 15.00 wib guna mengumpulkan dana dari pengendara bermotor masyarakat di kota Padang. Untuk rencana hasil dana yang terkumpul akan diantarkan secara langsung ke lokasi posko banjir. Mengingat banyak anggota FKPMSS yang berasal dari lokasi banjir kab. Lahat tersebut.

(Mando)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater